Share

Mendes Eko Optimis Indonesia Bisa Capai Target di Asian Games 2018

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 24 April 2018 22:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 24 43 1891085 mendes-eko-optimis-indonesia-bisa-capai-target-di-asian-games-2018-NAzAwB84jY.jpg Asian Games 2018 (Foto: Antara)
A A A

JAKARTA – Penyelenggaraan pesta olahraga Negara-negara Asia atau Asian Games 2018 sudah tinggal beberapa bulan lagi. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal danTransmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo pun terpanggil untuk memberi semangat para atlet Timnas agar memberikan sumbangsih terbaiknya bagi bangsa dan negara.

Eko mengaku optimis para atlet yang kini sedang digembleng di Pelatnas akan mampu mencapai target yang dipatok. “Setahu saya Pak Menpora Imam Nahrawi memang belum mematok target resmi perolehan medali dalam pesta olahraga Negara-negara Asia tersebut. Tetapi harapannya untuk masuk 10 besar dalam raihan medali dalam Asian Games bukan hal yang mustahil. Saya yakin sebagai tuan rumah, kita bisamencapai target tersebut, bahkan mungkin bisa lebih dari itu,” ujarEko di sela-sela kesibukannya di kantor Kemendes PDTT di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (24/4/2018).

Eko tentu tidak asal bicara dengan keyakinannya tersebut. Ia mengaku tahu betul bahwa koleganya, yakni Menpora Imam Nahrawi, selama ini bekerja cukup keras dalam mempersiapkan para atlet. Selain itu yang tak kalah pentingnya, jelas Eko, Indonesia memiliki banyak bibit-bibit muda yang potensial dan berbakat, khususnya dalam cabang-cabang olahraga andalan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sekira 1.200 atlet saat ini sedang menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas).Pemerintah juga sudah menyiapkan berbagai bonus sebagai motivasi para atlet untuk meraih medali.

Eko pun mengaitkan prestasi olahraga nasional dengan program yang saat ini menjadi salah satu dari empat program prioritas Kemendes, yakni pembangunan Sarana Olahraga Desa. “Seperti sering saya sampaikan bahwa dari empat program prioritas Kemendes, salah satunya adalah pembangunan Sarana Olahraga Desa. Program ini selain untuk menghidupkan perekonomian desa juga akan mendorong lahirnya bibit-bibit olahragawan berbakat,” ujarnya.

Tersedianya sarana olahraga yang memadai akan mendorong masyarakat desa, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa untuk melatih kemampuannya sesuai dengan bidang olahraga yang digemarinya. “Pertandingan-pertandingan antardesa yang digelarakan memotivasianak-anak dan remaja untuk mengasah kemampuannya berolahraga secara lebih baik, misalnya akan lahir klub-klub olahraga di desa yang pada akhirnya menghasilkan atlet-atlet berprestasi. Jadi, kehidupan ekonomi desa akan menggeliat dan prestasi olahraga juga meningkat,” ujarnya.

Eko mencontohkan, dari atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional yang ada saat ini tidaklah sedikit yang berasal dari anakdesa. Karena itu, Eko berkeyakinan, program Sarana Olahraga Desa nantinya akan memberi efek pada peningkatan prestasi olahraga nasional. “Memang hasilnya tidak bisa langsung dilihat, karena membutuhkan waktu,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini