Share

Marquez Ungkap Penyebab Banyaknya Kecelakaan di Sirkuit Le Mans

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Minggu 20 Mei 2018 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 20 38 1900537 marquez-ungkap-penyebab-banyaknya-kecelakaan-di-sirkuit-le-mans-XwdhVyqit3.jpg Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: MotoGP)
A A A

LE MANS – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, berpendapat bahwa banyak insiden kecelakaan yang terjadi di Sirkuit Le Mans, Prancis, diakibatkan karena buruknya cengkeraman serta agresifnya sang pembalap ketika balapan berlangsung. Pendapat itu Marquez ketahui setelah dirinya mengalami sendiri kejadian tersebut.

Seperti diketahui, pembalap berjuluk The Baby Alien itu sempat mengalami insiden yang menyebabkan salah satu sayap fairingnnya patah ketika menjalani sesi latihan bebas keempat di Sirkuit Le Mans. Beruntung, Marquez mampu menyelesaikan balapan meskipun ada kerusakan motornya. Berdasarkan pengalaman itulah ia dapat mengetahui penyebab banyak kecelakaan di lintasan tersebut.

Baca juga: Marquez Terkejut dengan Hasil Sesi Latihan Bebas Hari Pertama MotoGP Prancis 2018

Berdasarkan apa yang dilansir dari Crash, Minggu (20/5/2018), setidaknya ada 60 insiden kecelakaan yang terjadi pada akhir pekan ini di Le Mans dari tiga kelas balapan Motor. Banyak pihak yang berpendapat suhu udara yang rendah membuat kondisi ban menjadi dinginlah yang disinyalir merupakan penyebab utama kecelakaan-kecelakaan tersebut.

Meski begitu, Marquez mengatakan hal yang lain. Pembalap berpaspor Spanyol itu berpendapat bahwa di beberapa bagian lintasan membutuhkan banyak pegangan sehingga memerlukan peran ban akan sering digunakan. Tak hanya itu saja, Marquez pun menganggap banyak pembalap menjadi lebih agresif di lintasan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Untuk balapan, jarak sangatlah penting karena selama akhir pekan ini, kami telah melihat banyak sekali terjadi insiden kecelakaan. Menurut saya, alasan utamanya adalah kami memiliki banyak pegangan dan setiap pengendara terlalu menekan dan ketika ban sudah semakin ringan itu sangat berbahaya. Itulah alasan utamanya dan kami harus berhati-hatil akan hal tersebut,” ucap Marquez, mengutip dari Crash, Minggu (20/5/2018).

Baca juga: Hasil Sesi Latihan Bebas 2 MotoGP Prancis 2018

Meski sempat mengalami sedikit insiden di sesi latihan bebas keempat, Marquez mampu perlihatkan kemampua terbaiknya kala melakoni sesi kualifikas MotoGP Prancis 2018. Di sesi tersebut, pembalap berusia 25 tahun itu menjadi pembalap kedua tercepat dengan catatan waktu 1 menit 31,293 detik. Catatan Marquez tersebut hanya beda 0, 108 detik dari pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco, yang dinobatkan sebagai yang tercepat di seri tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini