Share

Bukan Cuma Marquez yang Bisa Buat Penyelamatan Gemilang

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 21 Mei 2018 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 21 38 1900941 bukan-cuma-marquez-yang-bisa-buat-penyelamatan-gemilang-hjRrgRjzVJ.jpg Marc Marquez. (Foto: AFP)
A A A

LE MANS – Aksi yang menarik perhatian publik terjadi di ajang Moto3 Grand Prix (GP) Prancis. Pembalap Moto3, Jakub Kornfeil, berhasil melakukan penyelamatan yang luar biasa saat melakoni balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada Minggu 20 Mei 2018.

Aksi memukau Kornfeil terlihat di lap terakhir GP Prancis. Saat itu, pembalap yang berada tepat di depan Kornfiel mengalami kecelakaan hingga terjatuh dan terseret ke gravel (sebaran pasir di pinggir sirkuit). Kondisi ini tentu saja membahayakan posisi Kornfiel yang berada tepat di belakangnya.

Akan tetapi, pembalap berpaspor Republik Ceko itu dapat menyelamatkan dirinya dari insiden tersebut. Hal ini dilakukan Kornfeil dengan melompati motor pembalap yang terjatuh itu. Aksi ini bahkan berjalan sangat mulus tanpa membuat Kornfiel terjatuh sedikit pun.

Jakub Kornfeil

(Jakub Kornfeil. Foto: AFP)

Usai melakukan aksi yang memukau ini, Kornfiel langsung melenggangkan motornya untuk melanjutkan balapan. Bahkan, pembalap berusia 25 tahun itu bisa menyelesaikan balapannya di GP Prancis hingga garis finis. Ia berhasil finis di posisi keenam dengan catatan waktu 37 menit 45,543 detik.

BACA JUGA: Rossi: Penyelamatan Diri Marquez di Valencia Bukan Sebuah Kebetulan

Kornfiel sendiri mengaku tak menyangka bisa melakukan hal tersebut. Ia mengaku hanya berusaha menyelamatkan dirinya dari insiden tersebut agar tak ikut terjatuh. Karena itu, ia menekan gas motornya dengan maksimal agar motornya bisa melaju kencang dan hal yang dilakukannya pun membuahkan hasil yang begitu mencengangkan.

"Hal pertama yang saya pikirkan adalah mendorong motor semaksimal mungkin. Pendaratan sangat sulit dilakukan, suspensi belakang saya turun hingga maksimum. Itu bahkan mengaktifkan airbag di baju saya. Saya pikir saya tidak akan pernah melupakan lomba ini,” ujar Kornfeil, sebagaimana dikutip dari Nine, Senin (21/5/2018).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Video yang merekam aksi memukau Kornfeil ini diunggah di Instagram resmi MotoGP, yakni @MotoGP. Beragam komentar pun langsung mewarnai posting-an tersebut. Bahkan, peraih empat gelar juara MotoGP, yakni Marc Marquez, juga turut berkomentar.

Marquez memuji aksi Kornfeil dengan mengatakan, “BEST SAVE EVER.” Tentu saja, komentar ini menunjukkan bahwa aksi Kornfeil juga berhasil memukau The Baby Alien –julukan Marquez.

Pembalap asal Spanyol itu juga pernah melakukan aksi penyelamatan yang sama seperti Kornfeil. Aksi itu dilakukan Marquez di MotoGP Valencia 2017. Di seri terakhir MotoGP 2017 itu, Marquez hampir saja terjatuh di lap 23, namun ia mampu menyeimbangkan motornya kembali dan melanjutkan balapan. Berkat aksi gemilangnya, Marquez pun dapat meraih gelar juara pada musim lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini