Share

China Berbalik Ungguli Jepang 2-1 di Final Piala Thomas 2018

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 27 Mei 2018 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 27 40 1903391 china-berbalik-ungguli-jepang-2-1-di-final-piala-thomas-2018-jzG8Wy3czH.jpg Shi Yuqi. (Foto: AFP)
A A A

BANGKOK – China berhasil mengungguli Jepang untuk sementara di babak final Piala Thomas 2017 yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (27/5/2018). Setelah tertinggal dari Jepang di partai pertama, China dapat membalikkan keunggulan menjadi 2-1.

Setelah tertinggal 0-1 dengan kekalahan Chen Long atas Kento Momota, China berusaha bangkit di partai kedua. Pasangan ganda putra China, Liu Cheng/Zhang Nan, pun langsung tancap gas sejak awal pertandingan. Usaha mereka pun berhasil membuahkan hasil yang apik dengan sehingga dapat membungkam pasangan ganda putra Jepang, yakni Yakuto Inoue/Yuki Kaneko, dengan skor 21-10, 21-18.

Kento Momota

(Kento Momota. Foto: Okezone/Heru Haryono)

Penampilan gemilang Liu/Zhang di partai kedua ini ternyata membuat Inoue/Kaneko tak berkutik. Liu/Zhang pun dapat memimpin pertandingan dengan skor 4-2. Keunggulan ini dapat dipertahankan dengan mudah karena tak ada perlawanan berarti yang diberikan Inoue/Kaneko kepada Liu/Zhang. Kemenangan akhirnya dapat diraih Liu/Zhang di babak pertama dengan skor 21-10.

Di babak kedua, keunggulan pasangan ganda putra rangking 3 ini terus dipertahankan. Liu/Zhang berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu dengan skor 3-2. Berbagai usaha pun terus dilakukan ganda putra Jepang demi menjaga asa mereka meraih kemenangan di partai kedua ini. Akan tetapi, usaha mereka tak membuahkan hasil. Inoue/Kaneko takluk dari Liu/Zhang sehingga kedudukan menjadi seimbang 1-1.

BACA JUGA: Taklukkan Chen Long, Kento Momota Bawa Jepang Ungguli China 1-0

Kemenangan Liu/Zhang di partai kedua tampaknya memberikan semangat lebih kepada tunggal putra China, Shi Yuqi. Ia pun berusaha keras untuk mengungguli Jepang dengan meraih kemenangan di partai ketiga.

Usaha Shi Yuqi dapat terlihat sejak awal pertandingan. Di babak pertama, pukulan-pukulan keras yang terus dilancarkan pemain rangking 3 itu kepada rivalnya, Kenta Nishimoto, membuahkan hasil yang apik.

Shi Yuqi

(Shi Yuqi. Foto: BWF)

Shi Yuqi pun terus memimpin pertandingan hingga skor menjadi 14-5. Keunggulan ini bahkan dapat dipertahankannya hingga akhir pertandingan sehingga Shi Yuqi meraih kemenangan dengan skor 21-12 atas Nishimoto.

Tak tinggal diam, di babak kedua giliran Nishimoto yang menunjukkan permainan terbaiknya. Ia berusaha menjaga asanya untuk meraih kemenangan di partai ketiga ini. Meski sempat tertinggal di awal pertandingan, Nishimoto berhasil memimpin pertandingan dengan skor 9-6.

Keunggulan ini terus dipertahankan Nishimoto sehingga sekor menjadi 17-15. Akan tetapi, di akhir-akhir pertandingan, Shi Yuqi dapat mengejar poin Nishimoto sehingga keunggulan berbalik menjadi 19-17. Pertandingan pun harus berakhir dengan kemenangan Shi Yuqi dengan skor 21-12, 21-17. China hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan diri meraih gelar juara di ajang Piala Thomas 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini