Share

Ducati Ancam Laporkan Honda soal Desain Sayap Depan Motor

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 16 38 2030748 ducati-ancam-laporkan-honda-soal-desain-sayap-depan-motor-qj4uxCiNar.jpg Ducati mengancam akan melaporkan desain sayap depan motor Honda (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

BOLOGNA – Prinsipal Tim Mission Winnow Ducati, Gigi Dall’Igna, mengancam akan melaporkan balik Honda karena desain sayap depan motornya. Ancaman tersebut dikeluarkan karena pabrikan asal Jepang itu memprotes desain winglet tambahan Ducati di lengan ayun motor.

Perlu diketahui, tiga tim selain Honda, yakni Suzuki, Aprilia, dan KTM, memprotes tambahan sayap kecil di lengan ayun motor Desmosedici milik Ducati. Mereka mengklaim winglet tersebut berfungsi menambah kecepatan motor.

Dall’Igna geram karena Honda dan Suzuki ikut dalam protes yang dilayangkan Aprilia dan KTM. Sebab, kedua tim yang disebut pertama bisa mengambil keuntungan apabila kemenangan Andrea Dovizioso dicabut karena dianggap memakai perangkat ilegal.

Winglet di motor Ducati

(Baca juga: Dall’Igna Kecewa Honda Ikutan Protes Winglet Ducati di MotoGP Qatar 2019)

Khusus Honda, pria asal Italia lantas mengancam balik melaporkan desain sayap depan motor yang dinilainya berbahaya. Selain karena desainnya yang cukup tipis, Dall’Igna curiga saya depan tersebut dapat bergerak fleksibel sehingga menguntungkan secara aeorodinamika.

Gigi Dalligna

“Fakta Honda mempertanyakan pilihan teknis membuat kami bisa saja memprotes mereka,” ucap Gigi Dall’Igna, mengutip dari Motorsport, Sabtu (16/3/2019).

“Sayap-sayap Honda sejujurnya berbahaya buat kami. Tidak hanya itu, mereka merancang sayap dengan dasar yang tipis, sehingga bisa saja bergerak secara fleksibel. Jika seperti itu, maka mereka menggunakan perangkat aerodinamika bergerak yang terlarang,” pungkas pria berusia 53 tahun itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini