Share

5 Fakta Menarik dari F1 GP Australia 2019

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 19 37 2032041 5-fakta-menarik-dari-f1-gp-australia-2019-Iubz7HxZe6.jpg Para pembalap F1 di GP Australia 2019 (Foto: Twitter F1)
A A A

KEJUARAAN dunia Formula One (F1) musim resmi bergulir dengan diselengarakan Grand Prix (GP) Australia pada akhir pekan lalu. Sejumlah momen pun menghiasi jalannya balapan yang berlangsung di Sirkuit Melbourne tersebut.

Mulai dari insiden pit stop yang dialami oleh salah satu pembalap Tim Haas-Ferrari, Romain Grosjean, serta aksi saling salip antara Max Verstappen dan Sebastian Vettel jadi pewarna jalannya balapan kemarin. Akan tetapi di balik semua itu, ada lima fakta menarik yang terjadi di F1 GP Australia 2019.

Berikut lima fakta menarik yang terjadi di F1 GP Australia 2019, seperti dikutip oleh Okezone dari Sportskeeda, Selasa (19/3/2019):

5. Ferrari Kembali Gagal Saingi Mercedes

Sebastian Vettel

F1 GP Australia 2019 memang disebut-sebut sebagai momen pembuktian Tim Ferrari bahwa mereka sudah siap untuk kembali meraih misi mereka, yakni mengakhiri dominasi Mercedes di tahun ini. Akan tetapi dalam balapan di F1 GP Australia 2019 menunjukkan bahwa Tim Ferrari belum sepenuhnya siap.

Ya, mobil Tim Ferrari, yakni SF90, masih menunjukkan performa yang tidak begitu menjanjikan dan bisa dibilang masih kalah kencang dibandingkan milik Mercedes, F1 W10 EQ Power+. Meski selama tes pramusim di Sirkuit Barcelona, Tim Ferrari berhasil menunjukkan kecepatan yang menjanjikan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Kebangkitan Honda di F1

Tim Red Bull

Honda memang sempat menjadi kambing hitam di balik kegagalan McLaren pada F1 2015, 2016, dan 2017. Akan tetapi sejak menjadi pemasok mesin Toro Rosso, nama baik Honda mulai kembali. Puncaknya ketika mereka dipercaya jadi pemasok mesin Tim Red Bull di F1 2019.

Kepercayaan Tim Red Bull pun nampaknya tidak ingin disia-siakan oleh Honda dengan berhasil membawa Verstappen berhasil menempati posisi tiga besar di F1 GP Australia 2019.

3. Bottas Sudahi Rentetan Balapan Tanpa Kemenangan

Valtteri Bottas

F1 GP Australia 2019 mungkin bakal jadi balapan yang takkan bisa dilupakan oleh Bottas begitu saja. Pasalnya dalam balapan di Sirkuit Melbourne tersebut, Bottas akhirnya menyudahi rentetan balapan tanpa meraih kemenangan.

Bottas berhasil menutup balapan di F1 GP Australia 2019 dengan berada di posisi terdepan. Pembalap berkebangsaan Finlandia tersebut unggul 20 detik dari sang tandemnya di Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton.

2. Bonus Poin Jadi Hal yang Menarik

F1 GP Australia 2019

Ada yang berbeda F1 2019 dengan musim-musim sebelumnya. Ya, pada musim ini FIA –selaku panita F1– menerapkan regulasi baru tentang tambahan poin bagi para pembalap yang berhasil menciptakan catatan putaran tercepat.

Regulasi tersebut bertujuan agar para pembalap untuk berlomba-lomba mencatatkan catatan putaran tercepat di setiap balapan. Sang pemenang balapan, Bottas, pun menjadi pembalap pertama yang mendapatkan bonus poin di F1 2019. Pasalnya, Bottas memang berhasil mencatatkan poin.

1. Balapan yang Berat untuk Tim Williams

Roberto Kubica

Berbeda dengan Tim Mercedes yang berhasil mengantarkan kedua pembalapnya berada di podium, hasil minor harus diterima Williams kala tampil di F1 GP Australia 2019. Ya, kedua pembalap Tim Williams, Robert Kubica dan George Russell, gagal meraih hasil positif.

Apabila Russell harus puas menyelesaikan balapan di posisi ke-16, sementara Kubica tepat berada di belakangnya. Padahal banyak yang menaruh ekspektasi tinggi terhadap kiprah Tim Williams di F1 musim ini.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini