Share

Mantan Insinyur Ferrari Beberkan Penyebab Winglet Ducati Diprotes Tim Lain

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 20 38 2032486 mantan-insinyur-ferrari-beberkan-penyebab-winglet-ducati-diprotes-tim-lain-usoW3EYYgn.jpg Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso. (Foto: MotoGP)
A A A

BOLOGNA – Tim Mission Winnow Ducati kini tengah menjadi sorotan di MotoGP lantaran dianggap mempergunakan komponen ilegal saat gelaran seri perdana musim 2019 dimulai, tepatnya ketika balapan di Sirkuit Losail, Qatar, pada Senin 11 Maret 2019 lalu. Komponen ilegal yang dimaksud adalah terkait penggunaan winglet yang dipakai oleh dua pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, serta satu rider tim satelitnya, yakni Jack Miller.

Tak terima Ducati menggunakan komponen ilegal tersebut, beberapa tim pun melaporkan tim pabrikan Italia itu kepada pihak MotoGP. Akan tetapi protes yang diajukan oleh Honda, Aprilia, Suzuki, dan KTM, itu dikabarkan sudah ditolak. Namun keempat tim itu masih terus mencoba dengan melakukan banding ke pengadilan FIM, yang mana keputusannya bakal diumukan sebelum MotoGP Argentina 2019 berlangsung.

Baca Juga: Terkait Komponen Ilegal, Biaggi Curigai Ducati

Lalu mengapa keempat tim tersebut ngotot melaporkan Ducati atas penggunaan winglet di Desmosedici GP 19? Apa efek dari komponen yang disebut ilegal tersebut? Menurut mantan insinyur Formula One (F1) dari Tim Ferrari, Toni Cuquerella, mengatakan wajar saja bila banyak tim yang protes dengan pengunaan winglet Ducat itu. Pasalnya hadirnya winglet membuat motor Ducati lebih banyak menghasilkan downforce.

Downforce sendiri adalah dorongan ke bawah yang diciptakan oleh karakteristik aerodinamis motor. Tujuan dari downforce adalah untuk memungkinkan motor melakukan perjalanan lebih cepat melalui tikungan dengan meningkatkan gaya vertikal pada ban, sehingga menciptakan lebih banyak grip. Dalam dunia balap F1, downforce memang menjadi hal yang penting.

Akan tetapi mungkin di MotoGP penggunaan winglet tersebut menjadi sebuah masalah karena dianggap merupakan komponen ilegal. Hal itulah yang membuat Honda, KTM, Suzuki, dan Aprilia, sangat memprotes keras kebijakan Ducati yang menggunakan winglet tersebut.

“Sudah jelas winglet Ducati menghasilkan downforce. Pertama-tama, karena bagian apa pun yang mengekspos cara seseorang menghasilkannya, itu dapat membantu mengurangi hambatan terhadap laju motor,” ucap Cuquerella, dikutip dari Motorsport, Rabu (20/3/2019).

“Anda juga harus ingat, efek yang diciptakan memiliki dampak langsung pada bagian belakang. Karena itu melekat pada swing arm, aliran udara tidak boleh lewat melalu bagian dari motor,” tambahnya.

“FIM sekarang harus mengklarifikasi situasi. Tampak jelas Ducati unggul dalam hal aerodinamika, dan bahwa mereka sangat pintar memanfaatkan kekosongan dalam aturan yang ada,” tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(RNR)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini