Share

Legenda Balap Soroti Masalah Ban di MotoGP 2019

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 19 38 2045504 legenda-balap-soroti-masalah-ban-di-motogp-2019-QLzcLrGOZu.jpg Andrea Dovizioso. (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

BRESCIA – Legenda balap MotoGP, Giacomo Agostini, menyoroti masalah ban pada gelaran balap musim ini. Menurutnya, masalah pada ban motor ini sangatlah serius karena telah memberi pengaruh yang signifikan terhadap penampilan para pembalap.

Kondisi ini sudah terlihat dalam tiga seri awal MotoGP 2019. Pembalap top seperti Andrea Dovizioso (Ducati) hingga Valentino Rossi (Yamaha) sudah mengeluhkan masalah pada ban motor mereka di awal musim ini.

Andrea Dovizioso

Dovizioso bahkan harus puas finis di belakang Rossi saat mentas di seri kedua MotoGP 2019 lantaran mengalami masalah pada ban. Ia tak bisa menyelesaikan persaingan ketat dengan The Doctor –julukan Rossi– hingga garis finis di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, lantaran kinerja motornya yang memburuk akibat masalah pada ban.

BACA JUGA: Agostini Terkesan dengan Keputusan Rossi Mendirikan Akademi Balap VR46

Dengan kondisi tersebut, Agostini pun merasa pihak penyelenggara MotoGP perlu memberi perhatian lebih terhadap masalah ini. Sebab, akibat masalah ban, semua usaha pabrikan untuk meraih hasil manis pada musim ini bakal sia-sia. Hal ini terjadi karena ban memegang peran yang krusial dalam balapan.

Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi

"Ada masalah besar dengan ban. Di Argentina, Dovizioso mengatakan efisiensi bannya tiba-tiba turun, sehingga ia tak bisa bertarung dengan Rossi hingga garis finis,” ujar Agostini, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Jumat (19/4/2019).

“Pabrikan seperti Ducati, Honda, atau Yamaha menghabiskan miliaran dolar untuk mengembangkan motornya, miliaran dolar untuk memilih pembalap terbaik, tetapi banlah yang menentukan kemenangan. Saya mungkin akan melihat Valentino Rossi bisa finis di posisi ketujuh atau kelapan karena masalah ini,” tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ADP)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini