Share

Profil Singkat Zainudin Amali, Kandidat Kuat Menpora Baru

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 23 43 2120478 profil-singkat-zainudin-amali-kandidat-kuat-menpora-baru-I20xY1nhJH.jpg Zainudin Amali. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA – Ketua DPP Golkar, Zainudin Amali, digadang-gadang bakal mengisi posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), di kabinet kerja jilid dua. Kabar tersebut mulai tercium semenjak dipanggilnya Zainudin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Kepresidenan pada Selasa 22 Oktober 2019.

Dalam pertemuannya itu, Zainudin mengaku berbicara banyak mengenai soal olahraga dengan Presiden Jokowi. Walau enggan mengatakan bahwa dirinya dipilih untuk menjadi Menpora yang baru, tapi banyak kabar yang sudah memastikan bahwa Zainudin benar-benar bakal mengisi kursi kementerian itu.

Politikus Golkar Zainudin Amali Tiba di Istana Negara

Seperti yang disampaikan Sekretaris Menpora, yakni Gatot S. Dewa Broto, Zainudin memang akan mengisi posisi tersebut. Ia bahkan mengaku sudah mengucapkan selamat kepada Zainudin via WhatsApp (WA) lantaran sudah terpilih untuk menjadi Menpora yang baru. Ucapan selamat itu pun disebut Gatot langsung mendapatkan respons yang baik dari Zainudin.

“Pak Zainudin Amali (terpilih menjadi Menpora baru), Alhamdulillah. Tadi jam 21.16 WIB saya WA untuk mengucapkan selamat kepada beliau. Dan langsung direspons dengan telefon langsung yang cukup lama,” kata Gatot, seperti laporan yang didapatkan Okezone, Rabu (23/10/2019).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menarik menantikan apa yang akan dilakukan Zainudin dalam lima tahun ke depan untuk olahraga Indonesia. Tapi sebelum itu mari kita mengenal lebih jauh profil singkat dari pria kelahiran Gorontalo pada 16 Maret 1962 tersebut.

Zainudin adalah lulusan dari STIE Swadaya Jakarta pada 1992. Ia meraih gelar sarjananya itu ketika usianya sudah menginjak 30 tahun. Pada saat kuliah, Zainudin sangat aktif di berbagai organisasi kampus. Jadi, tak heran ketika setelah lulus ia pun akhirnya terjun ke dunia politik.

Politikus Golkar Zainudin Amali Tiba di Istana Negara

Partai Golkar adalah tempat di mana Zainudin memulai kariernya di dunia politik. Bersama partai tersebut, pengusaha sukses asal Gorontalo itu pun mampu merasakan berbagai jabatan. Baik seperti Wakil Sekretaris BIK Partai Golkar pada 2002-2004, lalu terpilih menjadi anggota DPR selama tiga kali berturut-turut dengan daerah pemilihan (dapil) yang berbeda, serta pernah menjadi Ketua DPD Golkar Jawa Timur pada 2013 lalu.

Bahkan Zainudin juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar pada 2014-2015 yang lalu. Kini jabatannya di Partai Golkar adalah Ketua DPP Golkar, namun status itu akan berubah menjadi Menpora saat Presiden Jokowi mengumumkan secara resmi menteri-menterinya di kabiner kerja jilid 2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini