Share

Perdana Menteri Jepang Ajukan Penundaan Olimpiade Tokyo ke 2021

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 24 Maret 2020 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 43 2188473 perdana-menteri-jepang-ajukan-penundaan-olimpiade-tokyo-ke-2021-ONW0ffwlR0.jpg Logo Olimpiade (Foto: IOC)
A A A

TOKYO – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dilaporkan telah mengusulkan penundaan Olimpiade Tokyo yang sedianya akan dilaksanakan pada 24 Juli hingga 9 Agustus. Usulan tersebut disampaikan Abe kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach saat melakukan pembicaraan telfon, Selasa (24/3/2020) malam WIB.

Berdasarkan laporan media televise Jepang, NHK, Abe menginginkan satu tahun penundaan alias digelar pada 2021. Abe mengatakan penundaan tidak dapat dihindari jika Olimpiade 2020 tidak dapat diselenggarkaan secara lengkap di tengah pandemi virus Corona.

Olimpiade Tokyo 2020

Beberapa hari yang lalu, IOC bersaa panitia penyelenggara Tokyo bersikeras bahwa tidak ada rencana untuk menuda Olimpiade meningat masih terjadwal empat bulan lagi. Namun, keinginan keras tersebut melunak setelah beberapa negara menarik diri dari keikutsertaan.

Baca juga KBRI Tokyo Konfirmasi Olimpiade 2020 Belum Resmi Ditunda

Sebut saja seperti Kanada dan Australia yang mengatakan tidak akan mengirimkan atlet jika digelar sesuai jadwal. Sementara pemerintah Inggris dan Prancis mendesak IOC untuk membuat keputusan yang cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Amerika Serikat pun senada dengan negara lainnya karena pandemi virus Corona semua pelatihan dan proses kualifikasi menjadi terhambat. Suara lain pun diserukan Brasil, Slovenia, Jerman dan para atlet dunia untuk menetapkan jadwal baru untuk Olimpiade 2020.

Andai Olimpiade 2020 benar ditunda, ini akan menjadi pertama kalinya ajang multievent olahraga itu akan mengalami penghentian sementara. Sebelumnya, Olimpiade belum pernah ditunda melainkan dibatalkan pada 1916, 1940, dan 1944 selama dua perang dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini