Share

Olimpiade 2020 Ditunda, PBSI Siapkan Penyesuaian untuk Setahun ke Depan

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 40 2189312 olimpiade-2020-ditunda-pbsi-siapkan-penyesuaian-untuk-setahun-ke-depan-44RQZ4cWrO.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: PBSI)
A A A

JAKARTA – Sekretaris Jenderal PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Achmad Budiharto, mendukung penuh keputusan penundaan Olimpiade 2020. Sebab, keselamatan dan kesehatan semua pihak dinilai menjadi perhatian utama di tengah merebaknya virus corona saat ini.

Dengan adanya penundaan tersebut, PBSI pun siap melakukan penyesuaian terhadap program latihan para atlet, terutama yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Penyesuaian akan dilakukan untuk program latihan selama setahun ke depan, mengingat gelaran Olimpiade 2020 sendiri akan ditunda hingga 2021.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Meski begitu, PBSI mengaku belum mengetahui dampak dari mundurnya Olimpiade ini. Budiharto mengatakan masih menunggu keputusan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) terkait ada atau tidaknya dampak terhadap pergeseran pemain yang lolos ke Olimpiade.

BACA JUGA:Olimpiade 2020 Ditunda, BWF Akan Tinjau Ulang Sistem Kualifikasi

Pihak BWF sampai saat ini diketahui masih mengkaji situasi untuk membuat keputusan tersebut. Hal ini tak lepas dari perubahan kualifikasi Olimpiade serta kemungkinan pembekuan poin rangking dunia dengan sistem yang fair bagi semua pemain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kami akan ikuti, apa yang menjadi keputusan IOC dan BWF, karena saat ini yang penting adalah keselamatan dan kesehatan peserta Olimpiade. Wabah COVID-19 membuat kami semua tidak punya pilihan lagi, harus ikuti prosedur yang sudah ditentukan," ujar Budiharto, sebagaimana dikutip dari laman resmi PBSI, Kamis (26/3/2020).

"Keputusan ini dibuat tentunya dengan mempertimbangkan banyak hal, dan tidak dimungkiri harus ada banyak penyesuaian juga dari pemain. Harus ada adjustment dengan kondisi perubahan jadwal turnamen, program latihan, dan sebagainya," lanjutnya.

"Kami harus melihat dulu perkembangannya, termasuk jika ada perubahan ketentuan dari BWF terkait kualifikasi Olimpiade dan pembekuan rangking. Secara prinsip, PBSI akan mengirim pemain yang berpeluang besar mendapat medali. Kami tidak tahu keputusan BWF seperti apa nantinya, apakah akan ada hitungan baru lagi. Kami akan sesuaikan, sekarang kami belum bisa berkata bisa ada perubahan atau tidak," tukas Budiharto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini