Share

MotoGP Republik Ceko 2020, Ajang Adu Skill Teknik Pengereman Pembalap

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 38 2257123 motogp-rep-ceko-2020-ajang-adu-skill-teknik-pengereman-pembalap-i5iKBt7WKQ.jpg Para pembalap di kelas utama MotoGP 2020 (Foto: MotoGP)
A A A

BRNO – Usai melakoni dua balapan awa musim ini di Sirkuit Jerez, Spanyol, para pembalap di kelas utama MotoGP akan bertolak ke Republik Ceko untuk kembali mengaspal di Sirkuit Automotodrom, Brno, pada akhir pekan nanti.

Sejumlah pembalap mengklaim cukup optimis bisa tampil maksimal di sirkuit sepanjang 5,4 kilometer tersebut. Seperti yang sebelumnya dikatakan Pol Espargaro (KTM Red Bull) yang merasa Brno cukup bersahabat dengan karakter RC-16 miliknya.

Namun patut diketahui, Brno sendiri sebenarnya termasuk salah satu sirkuit yang cukup ‘tricky’ bagi para pembalap. Salah satunya karena karakter lintasan yang memiliki tingkat kesulitan pengereman yang cukup tinggi.

Baca juga: MotoGP Republik Ceko 2020, Tantangan Rossi Perpanjang Rekor Kemenangan

Setidaknya ada empat tikungan yang biasanya jadi titik di mana para pembalap harus melakukan pengereman dengan cukup keras. Tikungan tersebut adalah tikungan 1, 3, 5, dan tikungan ke 10.

Pada titik-titik tersebut mereka di tuntut untuk mengurangi kecepatan sampai lebih dari 170 Km/jam, dan pembalap akan mengerem selama sampai 4,5 detik. Tidak heran balapan di Brno jadi ajang para pembalap untuk beradu kepiawaian dalam melakukan late braking.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jika dihitung, para pembalap nantinya akan melakukan pengereman sebanyak 10 kali dalam setiap satu putaran. Untuk itu, selain performa motor kemampuan pembalap jadi faktor sangat menentukan pada balapan akhir pekan nanti.

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, yang berhasil menyapu bersih kemenangan di dua laga sebelumnya kemungkinan besar kembali diunggulkan pada seri ketiga kali ini. Rider asal Prancis itu meraih kemenangan pada MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia yang berlangsung di Jerez pada Juli kemarin.

Absennya juara dunia tahun lalu, Marc Marquez, juga jadi salah satu faktor utama yang membuat Quartararo kembali dijagokan untuk meraih podium tertinggi di Brno. Apalagi pada edisi sebelumnya pembalap andalan Repsol Honda itu juga menjadi pemenang di susul Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) dan Jack Miller (Pramac Ducati) di posisi dua dan tiga.

Bukan hanya karakter lintasan yang mengharuskan pembalap untuk beradu dalam teknik pengereman. Faktor lainnya seperti cuaca juga menjadi salah satu yang harus diperhitungkan oleh setiap tim dalam melakukan persiapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini