Share

Marquez Absen, Nakagami Jadi Tumpuan Utama Honda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 38 2258853 marquez-absen-nakagami-jadi-tumpuan-utama-honda-Ui1icZ3xwx.jpg Takaaki Nakagami bakal jadi tumpuan utama Honda (Foto: Facebook/LCR Honda Team)
A A A

BRNO – Absennya Marc Marquez menambah beban tersendiri buat pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami. Pembalap berkebangsaan Jepang itu kini menjadi tumpuan harapan bagi Honda guna mencetak poin sebanyak-banyaknya untuk kategori konstruktor.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez terpaksa absen pada seri ketiga MotoGP Republik Ceko 2020 di Sirkuit Autodrom Brno akibat cedera. The Baby Alien mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanan usai terhantam ban motor saat terjatuh di MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli lalu.

Juara dunia MotoGP 2019 itu sempat comeback pada seri kedua MotoGP Andalusia 2020, 26 Juli. Namun, setelah mengitari sirkuit dalam beberapa putaran, ia merasakan kebas pada tangan kanan sehingga memutuskan mundur dari pekan balapan.

Baca juga: Gantikan Marquez, Bradl Tak Peduli Jadi Pembalap atau Terburuk Honda

Marc Marquez absen karena menjalani pemulihan (Foto: Instaqgram/@marcmarquez93)

Kini, Marc Marquez harus kembali absen pada tiga seri, sekali di Brno dan dua di Austria. Dengan absennya pembalap berusia 27 tahun itu, Honda kehilangan andalan untuk mengukir poin pada kategori konstruktor. Tumpuan harapan kini beralih ke pundak Takaaki Nakagami.

“Ada banyak tekanan untuk mencetak hasil terbaik karena itu yang dibutuhkan Honda. Sayangnya, Marc tidak berada di sini dan juga Austria. Rekan setim saya, Cal (Crutchlow), masih belum optimal, dan Alex (Marquez) masih terhitung baru,” papar Takaaki Nakagami, dikutip dari Crash, Sabtu (8/8/2020).

“Jadi, Honda memberi saya cukup banyak tekanan. Mereka butuh hasil yang bagus untuk klasemen konstruktor. Saya merasakan tekanan besar, tetapi sangat menikmatiny dan tim serta HRC (Honda Racing Corporation) mendukung penuh,” imbuh pria berusia 28 tahun itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Situasi tidak mengenakkan memang dialami Honda. Ketika Marc Marquez absen karena cedera, Cal Crutchlow juga belum dalam kondisi maksimal. Alex Marquez tidak bisa diandalkan karena masih meraba-raba bagaimana memacu RC213V sekencang-kencangnya.

Pembalap pengganti Marc Marquez, Stefan Bradl, pun tidak bisa diandalkan. Pria berpaspor Jerman itu tidak dibebani target apa-apa selama di Brno. Wajar apabila Takaaki Nakagami begitu diandalkan Honda untuk meraup poin.

Pada kategori konstruktor, poin dihitung dari pembalap pengguna mesin motor tertentu dengan finis terbaik. Berkaca pada hasil di MotoGP Andalusia 2020, Takaaki Nakagami merupakan pembalap pengguna motor Honda dengan finis terbaik, yakni posisi empat dan mencetak 13 angka.

Sumbangan 13 angka itu membuat Honda hanya menempati posisi tiga dengan nilai 19 dari dua seri yang sudah digelar. Pabrikan asal Jepang itu tertinggal 31 poin dari pemuncak klasemen, Yamaha, dan tujuh angka dari Yamaha di peringkat dua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini