Share

Sirkuit Brno Tak Bikin Pembalap Nyaman, Rossi: Masalahnya Adalah Uang

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 38 2258956 sirkuit-brno-tak-bikin-pembalap-nyaman-rossi-masalahnya-adalah-uang-QnrhXBkx2X.jpg Valentino Rossi (Foto: MotoGP)
A A A

BRNO – Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 akan menggelar seri ketiga akhir pekan ini. Pada seri kali ini, Sirkuit Brno, Republik Ceko, didapuk sebagai tuan rumah.

Kendati demikian, nyatanya terdapat sejumlah hal yang membuat para pembalap MotoGP tidak merasa nyaman untuk melaju di Sirkuit Brno. Pasalnya, sirkuit sepanjang 5,4 kilometer itu memiliki permukaan aspal yang bergelombang.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menerangkan bahwa hal itu membuatnya tidak bisa melaju dengan maksimal. Selain itu, Rossi juga menilai tingkat cengkeraman di Sirkuit Brno terbilang rendah.

Baca juga: Sergio Perez Terinfeksi Covid-19, Rossi Peringatkan Para Pembalap MotoGP

Valentino Rossi

Karena berbagai kendala tersebut, Rossi pun tidak bisa masuk ke dalam jajaran 10 besar pada sesi latihan bebas hari pertama MotoGP Republik Ceko 2020. Pembalap berjuluk The Doctor itu hanya mampu menempati posisi ke-12.

Menurut Rossi, yang membuat Sirkuit Brno memiliki berbagai masalah ini karena pihak pengelola tidak memiliki cukup uang untuk memperbaiki kondisi aspal. Maka dari itu, ia dan para pembalap MotoGP akan mencoba membahasnya dengan para petinggi MotoGP.

Rossi tentunya berharap agar Dorna Sports dan pihak-pihak terkait dapat menemukan solusi untuk masalah ini. Sebab, melaju di lintasan yang kurang bagus juga membuat para pembalap memiliki risiko lebih besar mengalami kecelakaan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Di sini, di Brno, sangat bergelombang dan tingkat cengkeraman rendah. Saya rasa itulah masalahnya di sini. Seringkali sulit mengendalikan sepeda motor,” terang Rossi, seperti dilansir dari Speedweek, Sabtu (8/8/2020).

“Tingkat cengkeraman selalu rendah di sini dan juga banyak tonjolan. Tata letak treknya indah, tetapi aspalnya tidak fantastis. Meski begitu, Brno tetap trek yang bagus. Masalahnya di sini adalah uang,” lanjut The Doctor.

“Hari ini kami para pembalap akan membicarakannya lagi, tapi untuk mengaspal ulang landasan seperti itu, dibutuhkan beberapa juta euro. Siapa yang menyediakannya? (Pihak) Brno bilang mereka tidak punya uang,” jelas juara dunia sembilan kali itu.

“Pada saat ini situasinya semakin sulit karena hanya ada sedikit aktivitas di trek dan tidak ada penggemar yang diizinkan ikut (menyaksikan) balapan. Dia tidak memiliki banyak penghasilan di sana - dan itulah masalahnya. Kami akan mengajukannya pada Komisi Keamanan, tetapi ini juga masalah politik, ini tentang uang, keputusan kemudian terletak pada rute dan Dorna,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini