Share

Zarco Tak Percaya Bisa Start Terdepan pada MotoGP Republik Ceko 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 38 2259177 zarco-tak-percaya-bisa-start-terdepan-pada-motogp-republik-ceko-2020-2W5rhic415.jpg Johann Zarco tidak percaya bisa start terdepan (Foto: MotoGP)
A A A

BRNO – Kejutan tercipta pada Kualifikasi MotoGP Republik Ceko 2020 di Sirkuit Autodrom Brno, Sabtu 8 Agustus malam WIB. Pembalap Reale Avintia Ducati, Johann Zarco, mengakhiri sesi kualifikasi sebagai pembalap tercepat dan akan start dari posisi terdepan.

Penampilan mengejutkan Johann Zarco itu sudah terlihat setidaknya pada sesi latihan bebas tiga (FP3) yang berlangsung beberapa jam sebelum kualifikasi. Pria berpaspor Prancis itu mampu mengakhiri FP3 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 56,053 detik dan menghuni peringkat dua.

Catatan waktu tersebut hanya kalah 0,016 detik dari pembalap tercepat Franco Morbidelli. Berdasarkan catatan waktu kombinasi, rider Tim Petronas Yamaha itu merupakan yang tercepat, diikuti oleh Johann Zarco, sekaligus mengungguli para pembalap papan atas.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Republik Ceko 2020, Zarco Rebut Pole Position

Johann Zarco mampu mencetak waktu tercepat (Foto: MotoGP)

Pada sesi kualifikasi, Johann Zarco mencuri posisi terdepan ketika hanya tersisa beberapa menit lagi dengan catatan waktu 1 menit 55,687 detik. Fabio Quartararo yang berambisi mencatatkan pole position, justru terjatuh ketika sedang melaju kencang pada detik-detik terakhir.

Start dari posisi terdepan jelas mengejutkan karena Johann Zarco membela tim satelit Reale Avintia Ducati. Ia mengaku sangat puas dengan pencapaian tersebut karena berhasil membangun momentum sejak dua sesi latihan bebas pada Jumat.

“Saya sangat bahagia! Saya tidak percaya berhasil mendapatkan pole position. Saya sudah bisa menunjukkan kecepatan sejak Jumat (7 Agustus 2020). Langsung lolos ke sesi kedua kualifikasi juga sudah sebuah kepuasan tersendiri,” papar Johann Zarco ketika ditemui di parc ferme, dikutip dari Paddock GP, Minggu (9/8/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baris terdepan tentu memperbesar peluang Johann Zarco untuk mencatatkan kemenangan perdananya sejak naik kelas ke MotoGP pada 2017. Ia bertekad untuk memaksimalkan posisi start untuk meraih kemenangan selain berupaya menjaga keausan ban.

“Saya akan menggunakan dengan baik posisi start ini. Kecepatan motor memang bukan yang terbaik. Namun, saya akan mengerahkan segenap kemampuan untuk mengontrol laju motor dan ban belakang. Sebab, setelah beberapa putaran, hal itu akan menjadi rumit,” tutup pria berusia 30 tahun itu.

Posisi kedua ditempati oleh Fabio Quartararo dengan catatan waktu terbaik 1 menit 55,990 detik. El Diablo mengungguli rekan setimnya, Franco Morbidelli, di posisi tiga yang mencetak waktu satu putaran tercepat 1 menit 55,998 detik.

Sesi kualifikasi memang sungguh mengejutkan. Sebab, sejumlah pembalap papan atas justru tidak mencatat waktu yang bagus. Valentino Rossi akan start dari posisi 10, sementara Maverick Vinales kelima. Sedangkan Andrea Dovizioso malah lebih mengenaskan, yakni start dari posisi 18.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini