Share

Brad Binder Beri KTM Kemenangan Pertama di MotoGP

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 38 2259496 brad-binder-beri-ktm-kemenangan-pertama-di-motogp-W3mFMJr7OR.jpg Brad Binder (Foto: MotoGP)
A A A

BRNO MotoGP Republik Ceko 2020 menyajikan kejutan yang tidak diprediksi oleh orang-orang. Balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB itu, menelurkan pemenang baru, yakni rookie KTM Red Bull, Brad Binder.

KTM yang debut di MotoGP pada musim 2017 akhirnya mencatatkan kemenangan untuk pertama kali. Kemenangan itu tidak diberikan oleh pembalap andalannya, Pol Espargaro, tetapi Binder yang baru naik kelas dari Moto2.

Brad Binder (Foto: MotoGP)

KTM telah menunggu cukup lama untuk mengukir prestasi membanggakan ini. KTM memulai perjalanannya di MotoGP bersama Pol dan Bradley Smith pada musim 2017. Akan tetapi, tidak ada satupun balapan yang membuahkan podium apalagi kemenangan pada musim debut KTM di MotoGP.

Tim pabrikan asal Austria itu tidak menyerah. Berbagai perbaikan dilakukan terhadap motor KTM, RC16 untuk berlaga di MotoGP 2018. Upaya keras itu membuahkan podium ketiga yang diraih Pol pada balapan terakhir, MotoGP Valencia 2018.

BACA JUGA: Klasemen MotoGP 2020 Usai GP Republik Ceko

Hasil apik pada akhir musim 2018 menambah motivasi KTM. Tim pabrikan asal Austria itu lalu merekrut Dani Pedrosa yang baru saja pensiun untuk menjadi pembalap penguji. Tugas utama Pedrosa adalah mengembangkan RC16 agar kompetitif.

Selain Pedrosa, KTM juga mengontrak Johann Zarco untuk menjadi partner baru Pol. Penampilan Zarco sayangnya tidak sesuai harapan sehingga kontraknya diputus pada pertengahan musim 2019. KTM mengakhiri musim 2019 tanpa satu pun podium layaknya dua tahun lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, buah yang didapat KTM dari musim lalu bukan podium melainkan perkembangan positif dari RC16. KTM pun memasuki MotoGP 2020 dengan penuh percaya diri meski persiapan sempat terganggu dengan pandemi virus corona (Covid-19).

KTM mempercayakan kursi pembalap mereka untuk musim ini kepada Pol dan Binder. Tim pabirkan asal Austria itu tidak langsung meraih hasil apik pada awal musim ini. Tidak ada podium untuk Pol dan Binder pada balapan seri Spanyol serta Andalusia.

Hasil apik baru didapatkan KTM pada balapaN seri ketiga, MotoGP Republik Ceko 2020. KTM bahkan tidak hanya mendapatkan hasil apik tetapi juga mengukir kemenangan pertama mereka di kelas primer pada balapan tersebut.

Kemenangan Binder jadi langkah awal KTM untuk meraih hasil lebih baik pada dua balapan selanjutnya yang akan berlangsung di kandang mereka, Sirkuit Red Bull Ring. MotoGP Austria 2020 akan berlangsung pada 16 Agustus mendatang. Selang tujuh hari kemudian akan diselenggarakan MotoGP Styria 2020. Pol dan Binder seharusnya bisa unjuk gigi pada balapan kandang KTM itu.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini