Share

Sejarah, Brad Binder Jadi Pembalap Afrika Selatan Pertama yang Menang di MotoGP

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2020 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 38 2259501 sejarah-brad-binder-jadi-pembalap-afrika-selatan-pertama-yang-menang-di-motogp-pKg2kZE6wF.jpg Brad Binder (Foto: MotoGP)
A A A

BRNO – MotoGP Republik Ceko 2020 berakhir di luar dugaan banyak orang. Pembalap debutan KTM Red Bull, Brad Binder keluar sebagai pemenang pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020) malam WIB itu.

Kemenangan itu membuat Binder jadi pembalap asal Afrika Selatan pertama yang memenangkan balapan di MotoGP. Kemenangan itu tidak diraih Binder dengan mudah. Binder berjuang keras untuk mengukir sejarah di MotoGP.

Brad Binder (Foto: MotoGP)

Pembalap asal Afrika Selatan itu memulai balapan dari posisi ketujuh tetapi ia mampu menyodok ke kelompok pembalap terdepan sesaat setelah start. Binder bersaing untuk memperebutkan kemenangan di kelompok pembalap terdepan.

Binder tidak langung menempati posisi pertama. Ada dua pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo yang menguasai dua posisi terdepan. Morbidelli di posisi pertama sedangkan Quartararo membuntutinya.

BACA JUGA: Brad Binder Beri KTM Kemenangan Pertama di MotoGP

Seiring bertambahnya lap, Binder mampu menyalip beberapa pembalap di depannya. Pembalap berpaspor berumur 24 tahun itu mampu akhirnya berada di belakang Morbidelli.

Binder berusaha keras untuk mendekati Morbidelli tetapi tidak mudah untuk melakukannya. Morbidelli tampil maksimal untuk mempertahankan posisi pertama dari kejaran Binder.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Binder dengan sabar terus mengekor Morbidelli. Kesempatan untuk Binder menyalip akhirnya datang pada lap ke-13. Kecepatan Morbidelli perlahan-lahan menurun saat ban YZR-M1 mulai kehilangan cengkeramannya.

Binder memaksimalkan kesempatan itu untuk menyalip Morbidelli sehingga bisa memimpin balapan. Pembalap KTM itu kemudian memacu motornya untuk memperlebar jarak dengan Morbidelli.

Kecepatan Binder ternyata tidak mampu disaingi Morbidelli yang semakin tertinggal di belakang. Hingga akhir balapan, posisi pertama tetap menjadi milik pembalap berumur 24 tahun tersebut.

Sementara itu, posisi kedua menjadi milik Morbidelli. Pembalap Reale Avintia, Johann Zarco yang memulai balapan dari posisi pertama finis di belakang Morbidelli.

Tambahan 25 poin dari MotoGP Republik Ceko 2020 mendongkrak posisi Binder pada klasemen sementara. Pembalap KTM itu menempati posisi kelima dengan koleksi 28 poin. Binder tertinggal 31 poin dari pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo yang ada di posisi pertama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini