Share

Arti Long Lap Penalty, Hukuman yang Diterima Zarco di MotoGP Ceko 2020

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 38 2259815 arti-long-lap-penalty-hukuman-yang-diterima-zarco-di-motogp-ceko-2020-Jc247BEfG2.jpg Johann Zarco (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

BRNO – Gelaran MotoGP Republik Ceko 2020 berhasil mengundang banyak perhatian. Berbagai kejutan terjadi, termasuk diantaranya kemenangan Brad Binder dari Tim KTM Red Bull dan para pengisi podium.

Namun begitu, hal menarik lain terjadi saat pembalap Tim Reale Avintia Ducati yakni Johann Zarco mendapat penalti. Zarco mendapat long lap penalty yang cukup merugikan untuk pembalap berpaspor Prancis tersebut.

Johann Zarco

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko 2020, Minggu 9 Agustus 2020 malam WIB, Zarco memang terlibat dalam sebuah kecelakaan. Ia bersenggolan dengan pembalap Tim KTM Red Bull yakni Pol Espargaro di tikungan putaran lap ke-10.

Senggolan kemudian berdampak buruk bagi Espargaro hingga membuatnya terjatuh dan terlempar jauh ke gravel. Hal itu memberi kemarahan besar kepada Espargaro yang sejatinya tengah mengejar untuk posisi podium.

Baca juga Rossi: Kualifikasi MotoGP Republik Ceko 2020 Bikin Para Penggemar dari Prancis Senang

Nahasnya, Espargaro harus menghentikan balapan, sementara Zarco masih tetap aman berjalan memacu motornya. Namun, tak berselang lama, Zarco menerima hukuman long lap penalty akibat pelanggaran tersebut.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksu dengan long lap penalty. Hukuman ini sejatinya sudah mulai diterapkan di MotoGP sejak 2019. Hukuman diberikan sebagai pengganti sanksi penalti turun satu posisi bagi seorang pembalap yang melanggar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Karena itu, ketika Zarco melakukan pelanggaran, maka ia akan mendapatkan hukuman long lap penalty. Setiap pembalap yang mendapat hukuman ini wajib untuk melewati rute lebih jauh dan jalur tersebut biasanya berada di bagian run-off tikungan yang beraspal.

Setiap sirkuit pun memiliki rute ini untuk diberikan kepada pembalap yang dianggap melakukan pelanggaran. Tentu saja, tujuan adanya long lap penalty agar para pembalap yang menerima hukuman ini bisa kehilangan banyak waktu.

Johann Zarco

“Kami ingin long lap penalty belaku di semua sirkuit yang ada di kalender MotoGP. Apabila ada lintasan yang tidak praktis karena tidak memiliki rute panjang, maka tetap tidak akan membatalkan aturan untuk sisanya,” ungkap Carlos Ezpeleta selaku Race Director MotoGP, mengutip dari laman resmi MotoGP, Senin (10/8/2020).

Jelas kerugian long lap penalty itu terlihat ketika Zarco hendak mengejar Franco Morbidelli yang berada di urutan kedua. Namun, berkat hukuman tersebut akhirnya Zarco gagal mendekati Morbidelli dan harus puas berada di urutan ketiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini