Share

Honda Bisa Tiru Yamaha dan KTM yang Fokus ke Pembalap Muda

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 38 2260339 honda-bisa-tiru-yamaha-dan-ktm-yang-fokus-ke-pembalap-muda-97h58JzztZ.jpg Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

BRNO – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, menilai Honda perlu memperbaiki strateginya terkait pembalap. Tak boleh hanya bergantung dengan Marc Marquez, Honda dinilai juga harus fokus kepada pembalap muda.

Untuk mengambil langkah ini, Honda dinilai bisa meniru beberapa tim yang tampak sudah sukses dalam merekrut pembalap muda. Tim yang menunjukkan kesuksesan tersebut, seperti Yamaha, Ducati, hingga KTM.

Fabio Quartararo

Yamaha kini memiliki pembalap muda yang tampaknya akan menjadi andalan mereka untuk beberapa tahun mendatang. Ia adalah Fabio Quartararo. Pembalap berusia 21 tahun yang baru menjalani debut di MotoGP pada 2019 telah membuktikan ketangguhannya.

BACA JUGA: 5 Pembalap yang Bisa Hentikan Dominasi Marquez di MotoGP

Pada musim debutnya di MotoGP, Quartararo bahkan bisa langsung bersaing untuk meraih podium. Musim ini, penampilannya kian menggila. El Diablo –julukan Quartararo– bahkan sudah mengemas dua kemenangan dan tengah bertengger kukuh di puncak klasemen sementara.

Jika nasib nahas buruk terus menggandrungi Marc Marquez di sepanjang musim ini, bukan tidak mungkin Quartararo bakal keluar sebagai juara di MotoGP 2020. Sebab, kinerjanya tampak begitu apik sejauh ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain Yamaha, Ducati juga sukses dalam melirik pembalap muda. Salah satu pembalap muda mereka yang tengah tampil dengan gemilang adalah Francesco Bagnaia. Di MotoGP Andalusia 2020, ia bahkan bisa bersaing untuk podium. Sayangnya, masalah pada motornya telah mengubur impian Bagnaia menaiki podium MotoGP untuk pertama kalinya.

KTM juga menunjukkan kesuksesannya dengan pembalap muda. Baru-baru ini, pembalap debutannya, Brad Binder, bahkan diketahui berhasil merebut kemenangan di MotoGP. Hal itu tepatnya terjadi di MotoGP Republik Ceko 2020.

Brad Binder

Pernat pun menilai langkah yang dilakukan Yamaha, Ducati, hingga KTM perlu juga diikuti oleh Honda. Dengan begitu, Honda tidak akan lagi menghadapi bencana saat Marquez tak bisa menjalani balapan seperti yang terjadi pada musim ini.

“Honda salah jika tidak fokus kepada pembalap muda di tim satelitnya. Mereka harus melakukan langkah seperti yang dilakukan Ducati, Yamaha, dan KTM,” ujar Pernat, sebagaimana dikutip dari GP One, Selasa (11/8/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini