Share

Binder Berjaya di Sirkuit Brno, Quartararo: Persiapan KTM Lebih Matang

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 38 2260749 binder-berjaya-di-sirkuit-brno-quartararo-persiapan-ktm-lebih-matang-seaKBOMOJI.jpg Brad Binder (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

BRNO – Kejutan terjadi di MotoGP Republik Ceko 2020. Rookie KTM Red Bull, Brad Binder, keluar sebagai pembalap tercepat pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu 9 Agustus 2020 tersebut.

Sementara itu, Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha SRT justru gagal unjuk gigi di Sirkuit Brno. Pembalap yang memenangkan dua balapan sebelumnya itu hanya mampu finis di posisi ketujuh.

Brad Binder (Foto: Laman resmi MotoGP)

Kemenangan Binder mengejutkan semua orang, kecuali Quartararo. Ia tahu alasan para pembalap KTM, termasuk Pol Espargaro sangat kompetitif di MotoGP Republik Ceko 2020 ketimbang para pengendara lain.

Quartararo menyebut persiapan KTM lebih matang daripada tim-tim lainnya. Sebab, KTM sangat berpengalaman di Sirkuit Brno karena kerap melakukan pengujian di sana selepas lockdown. KTM juga sering melakukan tes di kandang mereka, Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

BACA JUGA: Petrucci Masih Belum Temukan Jawaban dari Mana Kecepatan Zarco saat Tampil di Brno

Pengujian membuat KTM begitu akrab dengan karakteristik Sirkuit Brno dan Red Bull Ring sehingga Binder maupun Pol akan sangat kompetitif saat balapan di salah satu trek tersebut. Selain itu, Quartararo juga menyebut satu alasan lain yang membuat KTM begitu kuat di MotoGP Republik Ceko 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Quartararo menilai KTM begitu kompetitif karena bekerja sama dengan Michelin selaku produsen ban untuk MotoGP. Menurutnya, tim pabrikan asal Austria itu telah menerima saran dari Michelin soal ban mana yang paling cocok untuk aspal Sirkuit Brno selama pengujian.

“Di akhir lockdown, KTM melakukan banyak tes di Brno dan di Austria (Red Bull Ring). Saya pikir Michelin juga bekerja sama dengan mereka untuk memilih ban yang tepat untuk balapan. Saya pikir mereka sudah tahu ban mana yang tepat untuk dipasang sebelum balapan dimulai dan saya pikir itu didasari saran dari Michelin pada tes tersebut,” kata Quartararo, menyadur dari Tutto Motori Web, Rabu (12/8/2020).

Fabio Quartararo (Foto: Laman resmi MotoGP)

Sementara itu, Petronas SRT tidak memiliki persiapan sematang KTM sehingga Quartararo kesulitan di Sirkuit Brno. Quartararo tidak pernah mengira MotoGP Republik Ceko 2020 akan begitu sulit untuknya.

“Mereka (KTM) sudah memiliki banyak pengalaman sebelum akhir pekan (MotOGP Republik Ceko 2020). Tentu saja ban yang dipasang adalah ban terbaik untuk mereka. Itu sangat sulit bagi kami karena kami tidak mengharapkan balapan seperti itu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini