Share

Crutchlow Desak Pagar Pembatas Sirkuit Red Bull Ring Dimundurkan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 38 2262469 crutchlow-desak-pagar-pembatas-sirkuit-red-bull-ring-dimundurkan-LAeLd3dAym.jpg Pagar pembatas Sirkuit Red Bull Ring terlalu sempit (Foto: Honda Racing Corporation)
A A A

SPIELBERG – Isu keselamatan kembali mengemuka jelang balapan MotoGP Austria 2020 akhir pekan ini di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg. Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, meminta agar pihak pengelola sirkuit memundurkan pagar pembatas lebih jauh.

Ramalan cuaca memang memprediksi area Pegunungan Styria akan dilanda hujan badai sepanjang akhir pekan. Meski Red Bull Ring dianggap sebagai salah satu arena dengan kualitas terbaik, keselamatan tetap menjadi perhatian tersendiri.

Kekhawatiran tidak terlepas dari kontur Sirkuit Red Bull Ring yang naik turun. Apalagi, run-off area di lintasan sepanjang 4,318 kilometer (km) itu terhitung sempit. Padahal, untuk balap motor, dibutuhkan run-off area yang luas demi keselamatan pembalap.

Baca juga: Hasil Sesi Latihan Bebas Satu MotoGP Austria 2020

Kontur Sirkuit Red Bull Ring dihiasi tanjakan dan turunan (Foto: MotoGP)

Beberapa area yang menjadi perhatian adalah zona pengereman jelang tikungan pertama yang menanjak dan tikungan dua yang cepat dan menanjak sebelum tikungan tiga. Area yang disebut terakhir kerap memakan korban pada balapan Formula One (F1) dan juga MotoGP.

Pendeknya area run-off itu kembali dikritik oleh Cal Crutchlow. Pembalap berkebangsaan Inggris itu ingin agar pagar pembatas yang mengelilingi Sirkuit Red Bull Ring dimundurkan. Ia yakin, hal itu bisa dilakukan dengan mudah.

“Semua ruas pagar pembatas di sirkuit harus dimundurkan lebih jauh! Mereka tidak akan kesulitan soal pendanaan, ‘kan? Menurut saya, mereka punya uang yang cukup untuk melakukan renovasi,” papar Cal Crutchlow, dikutip dari Crash, Sabtu (14/8/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Isu keselamatan berupa pagar pembatas itu pernah diungkapkan para pembalap pada MotoGP 2016 atau seri perdana GP Austria. Ketika itu, mereka meminta agar tembok dimundurkan sedikit agar tidak berakibat fatal ketika ada yang jatuh dan meluncur di aspal.

Belum lagi, tidak semua run-off area di Sirkuit Red Bull Ring memakai gravel atau kerikil. Beberapa hanya memiliki permukaan aspal yang justru tidak akan menghambat luncuran motor atau pembalap. Karena itu, Cal Crutchlow meminta agar dimundurkan lagi.

“Mereka harus mengorbankan jalan di sekitar sirkuit. Hal itu tentu tidak sulit karena mereka yang punya tanah! Pengelola sudah memundurkan beberapa pembatas. Namun, itu belum cukup,” tukas pria berusia 34 tahun itu.

Sempitnya area run-off tidak terlepas dari peruntukan sirkuit yang lebih sering menjadi tuan rumah balap mobil. Pada ajang balap mobil, permukaan aspal di run-off sangat berguna untuk meredam kecepatan dengan memanfaatkan rem.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini