Share

Soal Kecelakaan Hebat Grosjean, Vettel Kritik Lemahnya Pagar Pembatas

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 37 2319181 soal-kecelakaan-hebat-grosjean-vettel-kritik-lemahnya-pagar-pembatas-Dkwjlpdyte.JPG Pagar pembatas rusak dihantam mobil Romain Grosjean (Foto: Reuters/Tolga Bozoglu)
A A A

SAKHIR – Kecelakaan hebat yang menimpa Romain Grosjean terus menjadi perbincangan. Pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, heran mengapa pagar pembatas di Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain, tersebut bisa rusak tertabrak mobil.

Seperti diketahui, balapan F1 GP Bahrain 2020 memang diwarnai drama menegangkan pada putaran pertama. Senggolan antara Romain Grosjean dengan Daniil Kvyat, nyaris berakibat fatal. Jet darat pembalap asal Prancis itu menabrak pagar pembatas di sisi luar tikungan tiga dan langsung terbakar.

Ketegangan terjadi karena Romain Grosjean tidak bisa langsung keluar dari lokasi kecelakaan. Mobilnya terbelah dua dan tersangkut di pagar pembatas. Lelaki berusia 34 tahun itu sempat terjebak kobaran api sekira 30 detik sebelum berhasil keluar.

Baca juga: Mobil Terbelah Dua dan Terbakar, Begini Kondisi Terkini Romain Grosjean

Mobil Romain Grosjean terbakar dan terbelah dua (Foto: Reuters/Tolga Bozoglu)

Insiden itu menjadi sebuah pengingat betapa F1 tetap sebuah olahraga berbahaya sekali pun banyak fitur keselamatan dirancang untuk mencegah kejadian fatal. Pun begitu, Sebastian Vettel tetap mengkritik terlalu mudahnya pagar pembatas hancur diterjang mobil.

“Saya belum terlalu banyak melihat foto-fotonya karena tidak ingin. Namun, hal terpenting adalah dia (Romain Grosjean) bisa segera keluar,” tutur Sebastian Vettel, dikutip dari Motorsport, Selasa (1/12/2020).

“Saya tidak tahu, tetapi pagar pembatas tidak seharusnya gagal mencegah kecelakaan fatal. Bagus memang, mobil saat ini lebih aman dibandingkan masa lalu, tetapi pagar pembatas tidak seharusnya gagal dan mobil tidak perlu terbakar habis,” tegas pria berkebangsaan Jerman itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam tayangan ulang terlihat, mobil VF-20 milik Romain Grosjean menghantam pagar pembatas dengan kecepatan tinggi. Kerasnya tabrakan sampai membuat bagian kokpit tersangkut di pagar dan mobil terbelah menjadi dua.

Terbelahnya mobil lantas menyebabkan bahan bakar berhamburan keluar dari tangki yang memicu terjadinya kobaran api. Romain Grosjean sendiri sempat terjebak di antara kokpit yang terjepit di pagar pembatas dan amukan si jago merah.

Romain Grosjean dibawa ambulans (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

Beruntung, pembalap Tim Haas F1 itu terlindung dari benturan keras dengan pagar pembatas karena peranti keselamatan bernama Halo. Tubuh Romain Grosjean juga relatif terlindungi dengan baju balap yang didesain tahan api.

Sang pembalap sendiri hanya mengalami luka bakar di kedua telapak tangannya. Mengingat kerasnya benturan dan besarnya kobaran api, Romain Grosjean seakan mengalami mukjizat karena bisa selamat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini