Share

Bukan Zlatan Ibrahimovic, Valentino Rossi Diminta Pensiun

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 38 2327748 bukan-zlatan-ibrahimovic-valentino-rossi-diminta-pensiun-iwWU7ejeeB.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

ROMA – Mantan Kepala Tim Renault, Flavio Briatore, menyarankan Valentino Rossi pensiun dari dunia balap motor. Dia menekankan, bahwa Rossi bukan Zlatan Ibrahimovic yang merupakan pemenang di setiap klubnya.

Rossi adalah salah satu veteran di MotoGP. Pembalap asal Italia itu debut di MotoGP pada musim 2000 bersama Nastro Azzuro Honda (tim satelit Honda).

Infografis Valentino Rossi (Foto: Okezone)

Rossi tampil apik sehingga naik kelas dengan direkrut tim pabrikan Honda pada musim 2001. Sejak itu, Rossi mulai mengukir berbagai prestasi bergengsi di balapan kelas primer.

Rossi total meraih tujuh gelar juara MotoGP. Sebanyak dua diraih bersama Honda, sedangkan sisanya didapatkan Rossi saat membela tim pabrikan Yamaha. Rossi total meraih sembilan gelar juara sepanjang kariernya.

BACA JUGA: Valentino Rossi Kesal Yamaha Alami Kemunduran sejak 2016

Namun, sejak menjuarai MotoGP 2009, Rossi belum pernah lagi menjadi pembalap terbaik dalam kejuaraan. Rossi bahkan mengukir pencapaian terburuk sepanjang kariernya saat menempati posisi ke-16 klasemen akhir MotoGP 2020. Hasil buruk itu semakin menegaskan keterpurukan Rossi saat ini.

Karier panjang Rossi layaknya Ibrahimovic. Akan tetapi, Briatore menilai Rossi tidak seperti Ibrahimovic yang selalu berhasil di setiap klubnya. Fakta bahwa Rossi kesulitan bersaing di kejuaraan sejak 2009 hingga sekarang memperkuat keyakinan Briatore.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Saya ingin memberikan nasihat kepada Valentino Rossi. Menurut saya, lebih baik dia berhenti karena kami ingin mengingatnya sebagai juara yang hebat,” kata Briatore, mengutip dari Tutto Motori Web, Selasa (15/12/2020).

“Anda tidak dapat melanjutkan balapan jika tidak memiliki kendaraan yang kompetitif. Pada akhirnya, umur tetap diperhitungkan,” ucapnya.

Valentino Rossi (Foto: Twitter/@ValeYellow46)

“Ibrahimovic adalah kasus khusus. Sebab, dia (Ibrahimovic) menjalani kehidupan yang sepenuhnya didedikasikan untuk olahraga,” tutur Briatore.

Banyak orang yang sependapat dengan Briatore. Akan tetapi, keputusan akhir tetap ada di tangan Rossi. The Doctor –julukan Rossi– akan memulai musim ke-22 di MotoGP pada musim depan bersama Petronas Yamaha SRT.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini