Share

Alasan Mantan Mekanik Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 38 2331792 alasan-mantan-mekanik-valentino-rossi-pensiun-dari-motogp-QYcvIi7APF.jpg Valentino Rossi keluar dari garasi (Foto: MotoGP)
A A A

CANBERRA – Hengkangnya Valentino Rossi ke Tim Petronas Yamaha SRT menyisakan kepedihan bagi Alex Briggs. Mekanik andalan The Doctor dalam 20 tahun terakhir itu memutuskan pensiun dari hiruk pikuk dunia balap motor. Baginya hanya ada satu prinsip, bekerja dengan Valentino Rossi atau tidak sama sekali.

Seperti diketahui, Valentino Rossi sepakat untuk bergabung dengan Petronas Yamaha SRT untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Negosiasi sebetulnya sudah dimulai sejak Maret 2020. Namun, perundingan antara ketiga pihak berlangsung alot.

Ya, negosiasi itu melibatkan tiga pihak, yakni Valentino Rossi, Yamaha, dan Tim Petronas SRT. Setelah berlangsung alot, kesepakatan akhirnya tercapai pada September 2020. Komposisi mekanik disinyalir menjadi salah satu penghambat tercapainya kesepakatan lebih cepat.

Baca juga: Valentino Rossi Tampil Buruk di MotoGP 2020, Mantan Mekanik Beri Pembelaan

Valentino Rossi berpisah dengan timnya (Foto: Yamaha MotoGP)

Valentino Rossi dikabarkan kukuh membawa tiga orang mekanik kuncinya, yakni David Munoz (kepala kru), Alex Briggs, dan Brent Stephens. Namun, Petronas Yamaha SRT juga bersikeras mempertahankan tim mekaniknya sendiri.

Kompromi terpaksa dilakukan Valentino Rossi. Setelah 20 tahun bersama, pria asal Italia itu memilih meninggalkan Alex Briggs dan Brent Stephens. Walau pada akhirnya menyerah, sang juara dunia MotoGP tujuh kali sudah berjuang keras mempertahankan dua mekanik kesayangannya itu.

Upaya keras dari Valentino Rossi diapresiasi setinggi-tingginya oleh Alex Briggs. Baginya, hanya ada satu prinsip, yakni kerja bareng sang pembalap atau tidak sama sekali. Karena tidak ikut dibawa ke Petronas Yamaha SRT, maka ia memutuskan pensiun.

Infografis Valentino Rossi

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Kami beberapa kali bertemu di motorhome Valentino Rossi di Jerez (Spanyol). Dia berusaha mempertahankan kami semua sebagai satu grup. Sayangnya, itu tidak terjadi. Saya katakan kepadanya, jika saya tidak akan bekerja untuknya, saya akan berhenti saja,” ujar Alex Briggs, seperti dimuat The Race, Selasa (22/12/2020).

Menengok kembali pada masa-masa itu, mekanik berkebangsaan Australia tersebut mengaku sama sekali tidak marah dengan keputusan yang diambil. Namun, Alex Briggs merasa sedikit sedih karena tidak bisa pensiun dari ajang MotoGP bersama dengan Valentino Rossi.

Valentino Rossi dan Alex Briggs (Foto: Twitter/@FoxMotorsport)

“Ketika saya melihat lagi, saya tentu saja menyukai ide pensiun bersamaan dengan Valentino Rossi. Namun, bukan seperti itu kenyataannya,” sambung Alex Briggs.

“Jika ada tawaran menarik dari yang lain, mungkinkah saya akan bertahan? Ini bukan hanya soal uang. Hanya menjadi mekanik biasa tanpa membagikan ilmu sudah cukup untuk membuat saya memutuskan berhenti,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini