Share

Tengah Terpuruk, Valentino Rossi Tetap Senang dengan Kariernya di MotoGP

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 27 Desember 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 38 2334366 tengah-terpuruk-valentino-rossi-tetap-senang-dengan-kariernya-di-motogp-ehPcuxvRyz.jpg Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

TAVULLIA – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, senang dengan karier panjangnya di MotoGP yang bergelimang prestasi. Kegembiraan itu tidak berkurang meski performa pembalap berumur 41 tahun itu tengah menurun dalam beberapa musim terakhir ini.

Sebagaimana diketahui, Rossi memulai kariernya dari kelas 125cc bersama Aprilia pada musim 1996. Sejak itu, Rossi mampu mengukir prestasi yang membuatnya menerima predikat legenda.

Infografis Valentino Rossi (Foto: Okezone)

Rossi dua musim berlaga di kelas 125cc dengan meraih satu gelar juara pada musim 1997. Pada musim berikutnya, Rossi naik kelas ke 250cc bersama Aprilia.

Penampilan apik Rossi membuahkan gelar juara pada musim keduanya di kelas 250cc. Prestasi itu mengantarkan Rossi ke level tertinggi dunia balap motor, MotoGP, pada 2000.

BACA JUGA: Punya Kans Gantikan Pembalap Yamaha di MotoGP 2021, Ini Kata Crutchlow

Honda merupakan tim pertama Rossi di MotoGP. The Doctor –julukan Rossi– membela Honda selama empat musim dan meraih tiga gelar juara secara beruntun pada 2001-2003.

Rossi menuntaskan perjalanannya dengan Honda, kemudian bergabung ke Yamaha pada 2004. Rossi langsung memberikan Yamaha dua gelar juara beruntung pada dua musim pertamanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah itu, Rossi kembali menjadi juara bersama Yamaha pada musim 2008 dan 2009. Gelar juara musim 2009 merupakan pesembahan terakhir Rossi untuk Yamaha sebelum pindah ke Ducati pada 2011.

Rossi sayangnya gagal unjuk gigi bersama Ducati. Rossi hanya dua musim membela Ducati sebelum pulang ke Yamaha. Rossi sayangnya gagal mencatatkan prestasi bersama Yamaha pada masa keduanya karena performa yang tidak konsisten.

Valentino Rossi (Foto: Laman resmi MotoGP)

Yamaha pun tidak memperpanjang kontrak Rossi yang habis pada musim 2020. Setelah itu, Rossi pun bergabung ke tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT. Meski membela Petronas SRT, Rossi akan mendapatkan perlakuan sama seperti pembalap tim pabrikan.

Rossi semakin mendekati akhir kariernya sebagai pembalap profesional. Rossi tidak setangguh dulu, tetapi dirinya telah meraih berbagai prestasi di masa lalu yang membuatnya bisa tersenyum sekarang.

“Impian saya adalah menang, menjadi juara dunia, tetapi jujur saya bahkan tidak tahu apa yang bisa diharapkan. Pada akhirnya saya melakukan lebih dari yang saya harapkan. Saya senang,” kata Rossi, menyadur dari Tutto Motori Web, Minggu (27/12/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini