Share

Eks Mekanik Ungkap Alasan Valentino Rossi Terima Pinangan Ducati

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 38 2336638 eks-mekanik-ungkap-alasan-valentino-rossi-terima-pinangan-ducati-Expr7EDh92.jpg Valentino Rossi pernah membela Ducati (Foto: MotoGP)
A A A

CANBERRA – Sebuah langkah berani dibuat Valentino Rossi pada akhir musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2010. Ia memutuskan hengkang dari Yamaha guna berganti kostum menjadi Ducati Corse. Menurut mantan mekanik andalannya, Alex Briggs, saat itu tidak ada lagi opsi jika hengkang dari Yamaha.

Dunia dibuat terhenyak ketika Valentino Rossi memutuskan memperkuat Ducati Corse pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2011. Sebab, saat itu The Doctor sudah identik dengan Yamaha. Betapa tidak, empat gelar juara dunia berhasil disabet bersama tim berlogo garpu tala itu.

Keputusan hengkang ke Ducati banyak dianggap sebagai blunder terbesar Valentino Rossi. Prestasi yang diraih sang pembalap sudah cukup menjadi bukti. Pria asal Italia itu tidak mampu memenangi satu balapan pun dan hanya bisa tiga kali naik podium pada 2011-2012.

Baca juga: Alasan Mantan Mekanik Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

Valentino Rossi pernah membela Ducati

Sekali pun buruk, menurut Alex Briggs, kepindahan Valentino Rossi ke Ducati cukup masuk akal. Sebab, tidak banyak opsi tersedia jika pembalap kelahiran Tavullia itu memutuskan hengkang dari Yamaha.

“Di kepala saya, keputusan hengkang ke Ducati cukup mudah. Saya tidak tahu lagi ke mana Valentino Rossi akan pergi jika dia meninggalkan Yamaha,” ujar Alex Briggs, dikutip dari The Race, Kamis (31/12/2020).

“Mereka siap memberikan kontrak dua tahun untuk kami. Namun, segalanya tidak berjalan dengan baik. Yang pasti, saya sendiri tidak meninggalkan penyesalan,” imbuh pria berkebangsaan Australia itu.

Infografis Valentino Rossi

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah dua musim bersama Ducati, Valentino Rossi akhirnya kembali ke pangkuan Yamaha pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2013. Diakui sendiri oleh sang pembalap, andai tidak ada tawaran untuk bergabung kembali, mungkin dirinya sudah pensiun.

“Mereka (Yamaha) bilang akan memberikan saya kesempatan lain untuk kembali ke tim pabrikan Yamaha pada akhir musim 2012,” papar Valentino Rossi, melansir dari Motorsport.

Valentino Rossi bersama Alex Briggs

“Untuk itu, saya selalu bersyukur kepadanya dan juga semua orang di Yamaha. Sebab, pada momen itu, saya benar-benar putus asa. Mungkin kalau tidak kembali ke Yamaha, saya sudah berhenti membalap,” tutup pria berusia 41 tahun itu.

Kini, Valentino Rossi tengah menatap lembaran baru dalam karier balapnya. Ia sudah mengangguk setuju untuk memperkuat Tim Petronas Yamaha SRT pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Sayangnya, Rossi akan berpisah dengan mekanik yang sudah setia menemaninya selama 20 tahun, Alex Briggs.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini