Share

Presiden Atletik Dunia Yakin Olimpiade Tokyo 2020 Berjalan Sesuai Jadwal

Antara, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 43 2349487 presiden-atletik-dunia-yakin-olimpiade-tokyo-2020-berjalan-sesuai-jadwal-enRdeihBzR.jpg Maskot Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Twitter/Tokyo2020)
A A A

TOKYO - Kabar dibatalkannya Olimpiade Tokyo 2020 pada musim panas 2021 sempat menghebohkan dunia. Pasalnya kabar itu membuat banyak pihak kaget lantaran pihak Jepang sudah beberapa kali memastikan bahwa pesta olahraga tersebut tetap akan dimulai sesuai jadwal.

Rumor itu pun langsung dibantah. Bahkan Presiden Atletik Dunia, Sebastian Coe, langsung menegaskan ada tekad kuat untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo sesuai jadwal. Apalagi dengan adanya vaksin Covid-19 dan kemampuan atlet untuk berlatih, maka  situasinya lebih baik daripada saat Olimpiade ditunda tahun lalu.

Pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada hari Jumat membantah laporan koran The Times Inggris, yang mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan bahwa Olimpiade akan dibatalkan.

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang Tegaskan Persiapan Olimpiade Tokyo 2020 Terus Berlanjut

Olimpiade Tokyo 2020

"Pemerintah di Jepang, panitia penyelenggara, federasi internasional dan khususnya para atlet semuanya bersatu dalam tekad mereka untuk mencoba menyelenggarakan Olimpiade yang aman dan terjamin," kata Coe, yang juga peraih dua medali emas olimpiade lari 1.500 meter, kepada Reuters, Jumat.

Olimpiade Tokyo ditunda mulai musim panas 2020 Maret tahun lalu setelah dimulainya pandemi, tetapi Coe mengatakan dua perbedaan besar yang terjadi hampir satu tahun membuatnya yakin acara itu akan dilanjutkan mulai 23 Juli.

"Pertama, ada vaksin dan kami belum memikirkan hal ini di tahun lalu. Dan saya tahu bahwa pada tahap itu para atlet mulai merasa sangat sulit untuk mempertahankan siklus latihan dan bahwa kompetisi mulai menghilang. Sekarang mereka memiliki akses yang lebih baik ke pelatihan dan kompetisi,"

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Jadi, ada tekad yang kuat untuk menyelenggarakan Olimpiade dengan melaksanakannya di lingkungan yang aman dan terlindungi," katanya.

Coe mengakui bahwa acara tersebut kemungkinan ditonton sedikit orang, atau bahkan tidak sama sekali, dan para kontestan akan menghabiskan lebih sedikit waktu di Tokyo serta harus menjaga jarak sosial.

 Olimpiade Tokyo 2020

"Saat ini kami tetap optimistis, tapi kami tahu ini akan menjadi Olimpiade yang terlihat berbeda, mungkin terasa berbeda," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini