Share

Bantu Bucks Juara untuk Pertama Kali, Kareem Abdul Jabbar Putuskan Masuk Islam

Andika Pratama, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 24 36 2349837 bantu-bucks-juara-untuk-pertama-kali-kareem-abdul-jabbar-putuskan-masuk-islam-oUplblWy9c.jpg Kareem Abdul Jabbar (Foto: Reuters)
A A A

NAMA Kareem Abdul Jabbar tertulis dengan tintan emas dalam buku sejarah NBA. Bagaimana tidak, dia merupakan salah satu pebasket yang mampu menjuarai NBA sebanyak enam kali (satu bersama Milwaukee Buck, sedangkan sisanya dengan Los Angeles Lakers).

Selain itu, Kareem Abdul Jabbar juga merupakan pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA dengan torehan 38.387. Rekor itu masih bertahan hingga sekarang.

Kareem Abdul Jabbar (Foto: Reuters)

Karrem Abdul Jabbar pun merupakan satu dari sedikit pebasket NBA yang beragama Islam. Melansir dari Milwaukee Sentinel, Minggu (24/1/2021), Kareem Abdul Jabbar lahir di New York, pada 16 April 1947. Orang tua Kareem Abdul Jabbar menamainya Ferdinand Lewis Alcindor Jr. Nama itu yang menemani Kareem Abdul Jabbar ketika meniti karier di dunia NBA.

Tim pertama Kareem Abdul Jabbar di NBA adalah Bucks. Dia bergabung ke Bucks pada 1969. Kareem Abdul Jabbar tampil apik bersama Bucks sehingga namanya pun mulai terkenal.

BACA JUGA: Hasil Pertandingan NBA Hari Ini: Lakers dan Jazz Menang, Warriors Takluk

Prestasi terbaik Kareem Abdul Jabbar adalah membawa Bucks juara pada musim 1971. Itu merupakan gelar juara NBA pertama bagi Bucks dan Kareem Abdul Jabbar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sehari setelah membawa Bucks juara, Kareem Abdul Jabbar membuat kejutan dengan mengumumkan dirinya berpindah keyakinan dari Katolik ke Islam. Setelah itu, dia pun mengganti namanya menjadi Kareem Abdul Jabbar seperti yang Anda kenal sekarang.

Kabar mualafnya Kareem Abdul Jabbar cukup mengejutkan publik karena dia terlahir dari keluarga Katolik yang taat. Keputusan Kareem Abdul Jabbar menjadi mualaf pun menjadikan legenda NBA itu korban rasisme.

Kareem Abdul Jabbar (Foto: Reuters)

Namun, segala tindakan rasisme itu tidak mengubah pendirian Kareem Abdul Jabbar. Keteguhan hati legenda NBA itu mungkin dipengaruhi oleh idolanya, Malcom X.

Malcolm X adalah seorang tokoh pejuang Islam dan Muslim Amerika Serikat berkulit hitam. Malcolm X adalah mantan kriminal yang kemudian mengalami perubahan hidup setelah memutuskan memeluk Islam. Membaca buku autobiografi Malcolm X membuat Kareem Abdul Jabbar, yang kerap terlibat gerakan perjuangan hak-hak sipil minoritas sejak muda, semakin mantap untuk menjadi muslim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini