Share

IOC Bakal Lakukan Pertemuan, Bahas Pembatalan Olimpiade Tokyo 2020?

Antara, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 04:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 27 43 2351360 ioc-bakal-lakukan-pertemuan-bahas-pembatalan-olimpiade-tokyo-2020-coljBNokZG.jpg Markas Komite Olimpiade Internasional (Foto: Denis Belibouse/REUTERS)
A A A

LAUSANNE – Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan melakukan pertemuan pada Rabu dengan agenda utama membahas Olimpiade Tokyo 2020. Akan tetapi pembatalan Olimpadei Tokyo 2020 dapat dipastikan tidak menjadi topik utama dalam pertemuan tersebut.

Dengan waktu kurang dari enam bulan sebelum Olimpiade dimulai, dewan akan menjawab pertanyaan mengenai vaksinasi atlet, pengunjung internasional, kehadiran penonton, serta peraturan keselamatan pada pertemuan virtual besok, demikian laporan Reuters menyebutkan.

Namun IOC kini berada dalam situasi yang sama seperti bulan Maret tahun lalu, ketika dipaksa untuk menunda Olimpiade selama satu tahun karena pandemi COVID-19 sehingga menutup semua kegiatan olahraga di seluruh dunia.

Olimpiade Tokyo 2020

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berpegang teguh pada komitmen pemerintahnya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade, dengan para pejabat pekan lalu menolak laporan di surat kabar Times Inggris, yang menyebut Tokyo akan membatalkan lagi agenda tersebut.

Baca Juga: KOI Siap Bantu Siapkan Fasilitas Atlet untuk Persiapan Olimpiade Tokyo

Jajak pendapat di Jepang menunjukkan bahwa publik sangat menentang penyelenggaraan Olimpiade di tengah pandemi. Namun IOC menegaskan tidak ada rencana cadangan untuk Tokyo.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Enam bulan sebelum Olimpiade, seluruh gerakan Olimpiade menantikan upacara pembukaan pada 23 Juli," kata Presiden IOC Thomas Bach dalam pesannya kepada penyelenggara pada hari Sabtu.

Bach mengakui bahwa pelaksanaan akan membutuhkan usaha besar, tetapi ia menambahkan bahwa acara olahraga besar sudah berlangsung di seluruh dunia tanpa ketersediaan vaksinasi yang luas terhadap virus tersebut.

Olimpiade Tokyo 2020

Namun, sebagian besar Jepang sekarang berada dalam keadaan darurat karena gelombang ketiga infeksi COVID-19 dan jika Olimpiade dilanjutkan, tidak diragukan lagi mereka akan sangat berbeda dari edisi sebelumnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Senin bahwa mereka memberikan saran manajemen risiko kepada IOC dan otoritas Jepang selama Olimpiade Tokyo, tetapi menambahkan bahwa prioritas utamanya ialah memvaksinasi petugas kesehatan di seluruh dunia terhadap COVID-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini