Share

Lihai Kendarai Motor Honda, Ini Modal Utama Marc Marquez

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 05:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 38 2354798 lihai-kendarai-motor-honda-ini-modal-utama-marc-marquez-BYwhDuAZIS.jpg Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)
A A A

CERVERA Marc Marquez adalah pembalap terkuat di MotoGP dalam beberapa musim terakhir ini. Pembalap asal Spanyol itu sangat sulit untuk dikalahkan jika sudah berada di atas motor Repsol Honda, RC213V.

Marquez debut di MotoGP pada musim 2013 bersama Honda. Marquez langsung unjuk gigi bersama kuda besi Honda. Dia pun mengukir sejarah sebagai pembalap pertama yang bisa menjuarai MotoGP pada musim debutnya.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

Keberhasilan Marquez membuatnya dijuluki The Baby Alien. Julukan itu sesuai dengan kemampuan Marquez yang luar biasa. Marquez total mendapatkan enam gelar juara MotoGP yang empat di antaranya diraih secara beruntun pada 2016-2019.

Saat Marquez tampil luar biasa dengan RC213V, rekan-rekan setimnya justru kewalahan. Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, dan adik kandung Marquez, Alex Marquez, pun gagal mengendarai RC213V dengan baik.

BACA JUGA: Manajer Yakin Marc Marquez Segera Pulih dari Cedera

Alhasil, muncul anggapan yang menyebut motor Honda hanya dibangun untuk Marquez. Akan tetapi, anggapan itu dibantah oleh Kepala Kru Honda, Santi Hernandez.

Hernandez menyatakan Marquez bisa mengeluarkan potensi maksimal dari RC213V karena mampu melakukan hal yang tidak dapat dilakukan oleh pembalap lainnya. Menurut Hernandez, hal itu yang membuat Marquez mampu mengendarai RC213V dengan baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Honda bukan motor yang mudah, tetapi saya tidak berpikir itu hanya dikembangkan untuk Marc (Marquez) saja. Merek ini memiliki pembalap yang lebih unggul daripada lainnya. Masalahnya adalah Marc bisa melakukan hal-hal yang mungkin tak bisa dilakukan orang lain," kata Santi Hernandez, melansir dari Motorsport-Total, Selasa (2/2/2021).

"Untuk bisa melampaui batas tertentu, Anda harus melakukan lompatan dari segi mental dan meyakininya. Tentu akan selalu ada keraguan. Pada momen ini, pembalaplah yang memutuskan apakah dia akan mencoba atau bertahan pada titik ini," tuturnya.

Marc Marquez (Foto: Laman resmi MotoGP)

Marquez adalah senjata andalan Honda, tetapi tidak pada musim 2020. Sebab, Marquez mengalami kecelakaan pada balapan perdana musim lalu yang mematahkan lengan kanannya. Cedera itu memaksa Marquez untuk absen hingga akhir kejuaraan sehingga kehilangan gelar juaranya.

Marquez sudah menjalani tiga operasi untuk pulih dari cederanya. The Baby Alien kini berlomba dengan waktu untuk pulih tepat waktu sehingga bisa tampil di MotoGP 2021. Jika tidak kunjung pulih, Marquez perlu menjalani operasi keempat yang mungkin membuatnya absen pada musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini