Share

Kenakan Hijab, Poin Atlet Ice Skating Ini Dikurangi Juri

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 04:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 43 2358811 kenakan-hijab-poin-atlet-ice-skating-ini-dikurangi-juri-9GnJqLPdsU.JPG Zahra Lari. (Foto/Instagram Zahra Lari)
A A A

DUBAI - Zahra Lari atlet ice skating dari Uni Emirat Arab (UEA) pernah mendapat pengalaman tidak menyenangkan. Saat mengikuti kejuaraan internasional, poin Zahra Lari dikurangi karena dia mengenakan hijab.

Perempuan berusia 25 tahun itu melakukan debut internasionalnya di Piala Eropa 2012 di Canazei. Saat itu UEA menjadi negara Arab pertama yang bergabung dengan International Skating Union.

Foto/Instagram

Penampilannya menimbulkan kontroversi. Poin Zahra Lari dikurangi karena dia mengenakan jilbab. Zahra Lari kemudian berkampanye untuk mengubah peraturan tersebut. Dia meminta Federasi Seluncur Es Dunia (ISU) untuk mengubah aturan dan mengizinkan atelt mengenakan hijab saat berlaga.

Baca juga: Kisah Mike Tyson yang Menangis saat Pergi Umrah

Baca juga: Sabina Altynbekova, Pevoli Kazakhstan yang Sudah Cantik Juga Penyayang Keluarga

Semua berluma saat dia mengkuti kompetisi Piala Eropa di Canazei, Italia. Zahra Lari adalah perempuan Arab pertama yang bermain skate di depan panel juri internasional profesional yang mengenakan jilbab.

"Saya benar-benar tidak memiliki perasaan negatif terhadap putusan ini," kata Zahra Lari mengutip CNN Internasional.

"Para juri saat itu belum pernah melihat seseorang bersaing dengan itu sehingga mereka benar-benar tidak tahu bagaimana cara menilai saya," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kepala pengembangan ISU saat itu, meminta untuk bertemu dengan saya saat saya di Hongaria. Dia ingin melihat hijab itu dan memahami betapa amannya di atas es," kenang Lari.

Zahra Lari dijuluki Ice Princess atau Putri Es. Nama itu terinspirasi dari salah satu karakter di film Disney. Zahara Lari juga skater pertama yang mewakili UEA secara internasional.

Foto/Instagram

Zahra Lari juga harus berjuang melawan kuranganya tempat latihan di negaranya. Pada awalnya, dia juga tidak mendapat restu dari ayahnya untuk menjadi atlet ice skating.

"Saya mulai bermain skating ketika saya berusia 12 tahun, setelah menonton film Disney 'Ice Princess'," kata Zahra.

"Ayah saya merasa bahwa hal itu bertentangan dengan tradisi dan budaya kami untuk seorang gadis berkompetisi dalam olahraga," lanjut dia.

Pada awalnya, Zahra memutuskan hanya bermain skate untuk kesenangan. Namun setelah melihat antusias putrinya di gelanggang es, lambat laun ayahnya mengalah, dan mengizinkan Zahar Lari untuk mengikuti kompetisi.

"Sekarang dia adalah pendukung terbesar saya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini