Share

Cedera Panjang, Marc Marquez Akui Bersalah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 38 2367202 cedera-panjang-marc-marquez-akui-bersalah-6BJtOllv6Y.jpg Marc Marquez terpaksa absen panjang (Foto: Twitter/@marcmarquez93)
A A A

CERVERA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tak mau menyalahkan siapa pun, termasuk dokter, soal berlarutnya pemulihan cedera. Ia lantas mengakui ada kesalahan ketika memutuskan naik motor pada sesi latihan bebas MotoGP Andalusia 2020.

Sebagaimana diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus (lengan atas) bagian kanan pada MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. Setelah menjalani operasi bedah, The Baby Alien membuat kejutan dengan langsung comeback di Sirkuit Jerez-Angel Nieto.

Baca juga: Marc Marquez Berharap Pol Espargaro Bisa Rutin Naik Podium

Ternyata, keputusan itu berakibat fatal. Marc Marquez malah absen panjang hingga akhir musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Cedera tersebut semakin parah lantaran tekanan pada bagian tulang yang patah ketika sang pembalap mengendarai motor.

Marc Marquez melaju di Sirkuit Jerez (Foto: Honda Racing Corporation)

Tim dokter MotoGP lantas menjadi pesakitan karena memberi izin kepada Marc Marquez untuk naik motor. Andai lampu hijau tidak diberikan, pembalap berusia 28 tahun itu tentu tidak akan nekat.

Baca juga: Relakan Tes Pramusim, Marc Marquez Bidik Comeback di MotoGP Qatar 2021

Setelah bungkam, Marc Marquez akhirnya angkat bicara pada saat peluncuran Tim Repsol Honda, Senin 22 Februari 2021. Ia dengan tegas menyatakan tidak akan menyalahkan tim dokter, apalagi Honda Racing Corporation (HRC).

“Pada akhirnya, itu adalah keputusan yang diambil semua orang. Ketika kami mendapat gelar juara, kami selalu bicara soal tim dan orang-orang di sekitar saya. Ketika kami melakukan kesalahan, kami harus berbicara hal yang sama,” tegas Marc Marquez, dikutip dari Crash, Rabu (24/2/2021).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Juara dunia MotoGP enam kali itu lantas mengakui telah membuat kesalahan dengan mengaspal di Jerez. Apabila harus menudingkan jari kepada siapa yang bersalah, maka kambing hitam itu adalah dirinya sendiri.

“Tentu saja, keputusan akhir ada pada saya. Namun, ketika saya, Honda, dan tim menerima kabar baik dari dokter, tentu saja Anda akan mencobanya,” lanjut Marc Marquez.

Marc Marquez dan Pol Espargaro (Foto: MotoGP)

“Kami melakukan kesalahan dengan comeback di Jerez. Kami harus menerima (konsekuensi dari) kesalahan itu. Pada akhirnya, kesalahan ada pada saya sendiri. Saya merasa mampu melakukannya,” tutup kakak dari Alex Marquez itu.

Marc Marquez sudah memastikan bakal absen pada Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 19-21 Maret mendatang. Dengan hati-hati, Marquez tetap membidik untuk kembali mengaspal pada seri perdana MotoGP 2021 di Qatar, 26-28 Maret.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini