Share

Puas dengan Hasil Musim Lalu, KTM Kembali Harapkan Pedrosa di MotoGP 2021

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 28 Februari 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 28 38 2369597 puas-dengan-hasil-musim-lalu-ktm-kembali-harapkan-pedrosa-di-motogp-2021-8wJxRCxhJS.jpg Dani Pedrosa sebagai pembalap pengembang KTM Red Bull (Foto: MotoGP )
A A A

MUNDERFING - Red Bull KTM bakal mempercayakan sepenuhnya proyek pengembangan motor mereka pada sosok Dani Pedrosa. Pabrikan asal Austria itu nampak sangat puas dengan pengaruh besar The Little Samurai -julukan Pedrosa- sebagai pembalap pengembang.

Hal tersebut sebelumnya sempat disampaikan langsung oleh Manajer Tim KTM, Mike Leitner. Melihat dampak yang diberikan, Leitner yakin rider asal Spanyol itu siap membuat RC-16 milik KTM lebih berbahaya musim ini.

 

Leitner tidak memungkiri kehadiran Pedrosa memberikan dampak besar dalam pengembangan RC-16 yang dilakukan KTM sepanjang musim lalu. Pengetahuan tentang motor juga pengalaman Dani Pedrosa di lintasan memberikan dampak positif bagi pabrikan Austria tersebut.

"Ada banyak hal berharga yang telah dilakukan Dani. Ia salah satu kunci dalam proyek ini. Pada tahun-tahun pertama, kami mengembangkan motor ini nyaris hanya di pekan balap. Kami tak punya kapasitas dan pengalaman untuk menggelar uji coba secara mendalam," ujar Mike Leitner, seperti dilansir dari laman MotosanGP.

 Baca juga: Punya Test Rider seperti Pedrosa buat Ducati Iri dengan KTM

Mantan rekan satu tim Marc Marquez itu bekerja keras mengembangkan RC16 baik di lintasan maupun markas KTM di Austria. Hasil positif pun mulai dipetik pada 2020, lewat delapan podium,

Diantaranya termasuk tiga kemenangan dari Brad Binder dan Miguel Oliveira. Leitner, yang merupakan crew chief Pedrosa di Repsol Honda sampai 2013, tak heran atas ini semua.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Saat Dani tiba, motor kami pun siap untuk balapan dengan level tinggi. Ia memahami semua detail, punya gagasan jelas soal bagaimana motor kami harusnya berevolusi, soal apa yang harus dilakukan para insinyur. Kami kerap melakukan diskusi panjang soal perangkat apa yang ia rasa harus kami perbaiki," lanjut Leitner.

"Dani adalah orang yang sangat cerdas dan punya begitu banyak pengalaman. Jika ia membuat motor kami beradaptasi pada dirinya dan tinggi tubuhnya, mungkin kami akan punya masalah dengan rider kami yang lain," ungkapnya.

Sementara itu, performa positif dari RC-16 di MotoGP 2020 kemarin membuat Bos KTM, Stefan Pierer cukup yakin timnya kembali jadi ancaman di MotoGP 2021 ini.

"Kami tak berpartisipasi untuk meramaikan kompetisi. Namun, kami akan punya kesabaran yang cukup untuk menanti," ujar Peirer

"Lagipula kami memang harus menunggu 7-8 tahun sebelum akhirnya juara di Reli Dakar dan AMA Supercross. Kami pun takkan menyerah sebelum jadi juara juga di MotoGP," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini