Share

Tetap Jaga Aurat Jadi Alasan Ibtihaj Muhammad Tekuni Olahraga Anggar

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 01 Maret 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 43 2369908 tetap-jaga-aurat-jadi-alasan-ibtihaj-muhammad-tekuni-olahraga-anggar-SIeSTbRx42.jpg Atlet Anggar Amerika Serikat, Ibtihaj Muhammad (Foto: Instagram)
A A A

NEW JERSEY - Ibtihaj Muhammad adalah salah satu atlet anggar Muslim dari Amerika Serikat. Ibtijat sempat menjadi sorotan setelah menjadi atlet perempuan Muslim pertama Amerika Serikat yang memakai hijab di ajang Olimpiade.

Ibtihaj Muhammad lahir dan dibesarkan di Maplewood, New Jersey. Anak dari pasangan Eugene dan Denise Muhammad ini sejak muda sudah menunjukkan kecintaannya pada olahraga.

 

Akan tetapi, partisipasinya dalam bidang olahraga kadang bertentangan dengan ketaatan agama yang mewajibkannya berpakaian sopan. Seringkali saat olahraga, sang ibu meminta Ibtihaj untuk mengenakan lengan panjang serta penutup kaki.

Ibtihaj akhirnya memutuskan untuk terjun menggeluti olahraga anggar di usia 13 tahun. Salah satu alasannya karena anggar menggunakan pakaian tertutup dari kepala hingga ujung kaki. Sesuai dengan kepercayaan Islam yang mereka anut, orang tua Ibtihaj mencarikan olahraga untuk Ibtihaj di mana ia bisa mempertahankan jilbabnya.

Baca juga: Ibtihaj Muhammad Jadi Atlet Hijab Amerika Serikat Pertama yang Raih Medali di Olimpiade

"Karena semuanya tertutup, ibuku menyarankan agar aku mencobanya. Sebagai seorang wanita Muslim, olahraga itu sesuatu yang bisa disesuaikan. Agama saya mengharuskan tubuh saya tertutup sepenuhnya dan anggar memberikan hal itu," kata Ibtihaj dilansir dari laman Achieve.

Ibtihaj sangat menyukai anggar. Karena olahraga itu tidak membuatnya merasa berbeda dengan yang lain. Seragam anggar yang menutup semua bagian tubuh termasuk hijab menempatkan Ibtihaj setara dengan anak-anak lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun jalan Ibtihaj tidak mudah, serangan anti-muslim dan diskriminasi itu juga makin dia rasakan saat tumbuh dewasa. Termasuk ketika sukses menembus timnas anggar Amerika Serikat pada 2010.

Ketika berada di timnas Amerika Serikat anak dari pasangan Eugene Muhammad dan Denise ini sempat merasa terpinggirkan dengan tidak mendapat kepercayaan pelatih dan tidak diinginkan rekan-rekan setimnya hanya karena warna kulit dan agama.

Akan tetapi, pada saat itu juga Ibtihaj berpikir, dengan masuk timnas anggar Amerika Serikat, ia merasa memiliki momen guna mengubah pandangan banyak tentang kaum muslim dan juga Afrika-Amerika di cabang olahraga tersebut.

Berbagai gelar juara telah berhasil dirah Ibtihaj Muhammad. Salah satu yang sempat melambungkan namanya adalah ketika ia berhasil mempersembahkan medali perunggu saat membela negaranya di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, yang berlangsung 2016 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini