Share

Jelang Tinggalkan F1, Honda Bertekad Bawa Red Bull Putus Dominasi Mercedes

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 37 2397826 jelang-tinggalkan-f1-honda-bertekad-bawa-red-bull-putus-dominasi-mercedes-BNhMs4BAAP.jpg Max Verstappen (Foto: @Max33Verstappen/Twitter)
A A A

IMOLA – Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen, berhasil menjadi yang tercepat dalam Formula One (F1) musim 2021 Grand Prix (GP) Emilia Romagna di Sirkuit Imola, Italia, Minggu 18 April 2021, malam WIB. Ya, Verstappen berhasil mengasapi rival terkuatnya dari Tim Mercedes AMG Petronas, yaitu Lewis Hamilton.

Kemenangan Verstappen menjadi momen spesial bagi pemasok mesin mobilnya, yakni Honda Motor Co Ltd. dalam mengarungi tahun terakhirnya di ajang balap mobil ini. Sebagaimana diketahui, Honda mengikat kerja sama dengan Tim Red Bull Racing semenjak 2020.

Max Verstappen

Selama itu pula, Honda mampu meraih dua kemenangan bersama Verstappen dan tim Red Bull. Hingga akhirnya, mereka berhasil finis di posisi kedua klasemen konstruktor F1 2020 dengan mengumpulkan 319 poin terpaut sekitar 200 poin dari Mercedes di urutan pertama.

Sebelumnya, Honda Motor Co Ltd. memang merencanakan untuk mundur dari Formula 1 pada akhir musim 2021. Dalam menutup keikutsertaannya ini, Honda berambisi bersama tim Red Bull untuk membawa gelar juara dunia dan mematahkan dominasi Mercedes selama ini.

Baca Juga: Bos Red Bull Girang Lihat Max Verstappen Bungkam Lewis Hamilton di Imola

Hal itu pun diakui Direktur Honda F1 Masashi Yamamoto. “Tentu saja, sebagai sebuah tim, kami membuat banyak progres sepanjang musim. Namun Mercedes meningkatkan levelnya lebih jauh," ujarnya dikutip laman Motorsport.com

"Kami perlu terus mengembangkan diri untuk dapat mengalahkan tim organisasi sebesar Mercedes," ucap Yamamoto pada akhir 2020 lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun momen kemenangan Verstappen yang mampu mengungguli Hamilton di sirkuit Imola merupakan hadiah langka bagi mereka. Pasalnya, ini merupakan podium utama pertama bagi Honda di sini sejak didapatkan Ayrton Senna bersama Tim McLaren pada 1991 atau 30 tahun lalu.

Kepala Tim Red Bull Christian Horner juga melihat ini sebagai momentum untuk pembalap andalannya itu menggaet gelar juara tahun ini. Meski begitu, masih banyak yang harus dievaluasi agar konsisten memberikan perlawanan bagi tim Mercedes, Hamilton khususnya.

Max Verstappen

“Sejauh ini, ini adalah awal terbaik yang kami miliki selama beberapa tahun. Jadi kami hanya ingin terus membangun momentum. Tapi itu luar biasa bagi Honda, kemenangan pertama mereka sejak (Ayrton) Senna di '91 di sini. Jadi kami hanya ingin membangun momentum itu dan mempertahankannya sepanjang tahun, " ucap Horner dikutip dari laman resmi Formula1.

Baca Juga: Menakar Panasnya Persaingan Lewis Hamilton-Max Verstappen di F1 2021

“Kami memiliki mobil yang bagus (tetapi) kami dapat melihat Mercedes masih sangat, sangat cepat. (Degradasi ban) mereka lebih baik dari kami. Anda hanya perlu melihat kecepatan mereka di akhir balapan di sana,” ujarnya.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini