Share

5 Atlet Muslim Paling Terkenal di Dunia Olahraga, Nomor 1 Miliki Nama Islam Malik Abdul Aziz

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 43 2400146 5-atlet-muslim-paling-terkenal-di-dunia-olahraga-nomor-1-miliki-nama-islam-malik-abdul-aziz-LI1j68G9Rp.jpg Mike Tyson. (Foto: Reuters)
A A A

ADA banyak atlet muslim yang sukses di dunia olahraga. Beberapa bahkan ada yang sangat terkenal dan mampu mempengaruhi bidang olahraga yang mereka geluti.

Tentunya setiap atlet muslim yang sukses selalu berhasil menjadi sorotan dunia. Lantas siapa saja atlet muslim yang paling terkenal di dunia olahraga?

5. Muhammad Ali (Tinju)

Muhammad Ali

Jika membicarakan dunia tinju, maka Muhammad Ali jelas menjadi salah satu atlet muslim yang paling terkenal. Ia bahkan menyandang status sebagai legenda di dunia tinju.

Sampai saat ini Ali masih menginspirasi masyarakat dunia, baik sebagai seorang atlet maupun seorang muslim. Pria yang dijuluki The Greatest tersebut dianggap sebagai salah satu tokoh olahraga paling penting dan terkenal di abad ke-20 dan sebagai salah satu petinju terbesar sepanjang masa.

Sepanjang kariernya sebagai petinju, Ali telah menorehkan banyak prestasi, dari mulai menyabet medali emas olimpiade hingga menjadi juara dunia kelas berat. Meski dikenal sebagai seorang muslim, namun Ali sebenaranya adalah mualaf. Ia baru memeluk Islam pada 1961.

4. Zinedine Zidane (Sepakbola)

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane adalah pesepakbola muslim tersukses di dunia sepakbola. Kemampuannya dalam dunia sepakbola tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya berkarier apik sebagai pemain, Zidane juga menorehkan prestasi gemilang saat menyandang status sebagai pelatih saat ini.

Semasa masih aktif menjalani karier sebagai pesepakbola profesional, Zidane mampu menyabet berbagai trofi bergengsi. Beberapa di antaranya adalah mengantar Timnas Prancis juara di Piala Dunia pada 1998 dan Piala Eropa pada 2000.

Kini, saat menjadi pelatih, Zidane juga menorehkan prestasi yang tak kalah fantastis. Ia mampu membawa Real Madrid meraih berbagai gelar juara bergengsi. Salah satunya adalah di Liga Champions dalam tiga musim beruntun. Terbaru, ia juga mengantar Madrid juara Liga Spanyol musim ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Khabib Nurmagomedov (MMA)

Khabib Nurmagomedov

Bila membahas di dunia seni bela diri campuran (MMA), nama Khabib Nurmagomedov adalah salah satu yang paling dikenal saat ini. Semua orang mengenal nama Khabib karena kehebatannya di dalam oktagon. Khabib belum terkalahkan sejak pertama kali debut di UFC. The Eagle –julukan Khabib– menyapu bersih 28 pertarungannya dengan kemenangan.

Khabib semakin menjadi idola karena perilakunya di luar oktagon. Petarung asal Rusia itu merupakan seorang muslim yang taat. Khabib sebisa mungkin menjalankan kewajiban salat lima waktu di tengah kesibukannya berlatih. Kemampuan, prestasi, dan tingkah laku Khabib, membawanya ke puncak UFC.

2. Taufik Hidayat (Bulu Tangkis)

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat adalah salah satu atlet muslim yang paling sukses di dunia bulu tangkis. Atlet berstatus legenda bulu tangkis dunia dan Tanah Air itu tercatat sudah merasakan berbagai gelar juara selama dirinya berkarier.

Taufik tercatat sudah merasaka dan memenangi berbagai turnamen bulu tangkis bergengsi . Taufik pun pernah menjadi raja di Asian Games (1998, 2002, dan 2006), Olimpiade (2004), dan Kejuaraan Dunia (2005).

Segala prestasi itu membuat Taufik masuk dalam jajaran tunggal putra elite dunia, bersama Lin Dan (China), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Peter Gade (Denmark) pada masanya. Hingga sekarang, belum ada tunggal putra Indonesia yang bisa menyamai kehebatan dan prestasi Taufik.

1. Mike Tyson (Tinju)

Mike Tyson

Mike Tyson adalah legenda di dunia tinju. Mantan pemegang sabuk juara dunia kelas berate itu diketahui adalah seorang mualaf dan sangat mencintai agama islam.

Sempat ada cerita Tyson memeluk agama islam saat dipenjara pada tahun 1992-1995. Namun, petinju yang baru saja comeback pada 2020 itu justru menegaskan bahwa ia sudah menjadi seorang muslim sebelum masuk penjara karena kasus pemerkosaan.

Kini Mike Tyson mencoba terus mendalami agama islam. Ia bahkan memiliki nama islam, yakni Malik Abdul Aziz. Meski nama islamnya itu jarang digunakan, namun Mike Tyson tetap mempertahankan nama Malik Abdul Aziz tersebut.

Mike Tyson tidak mengikuti jejak senior sekaligus idolanya, Muhammad Ali. Muhammad Ali memeluk Islam pada 1961, lalu meninggalkan nama aslinya Cassius Marcellus Clay Jr. Meski begitu, Mike Tyson mengikuti jejak Muhammad Ali untuk taat pada ajaran Islam. Mike Tyson selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini