Share

FIA Bakal Terapkan Format Balapan Anyar di 3 Seri F1 2021

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 02:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 37 2401203 fia-bakal-terapkan-format-balapan-anyar-di-3-seri-f1-2021-MSMGUTWtF7.jpg Para pembalap F1 (Foto: Twitter/@F1)
A A A

PARIS - Federasi Otomotif Dunia (FIA) akhirnya resmi mengumumkan format balapan baru untuk tiga balapan Formula One (F1) musim 2021. FIA bakal menerapkan format balapan baru yang menjadi sesi kualifikasi balapan utama.

Untuk beberapa tahun terakhir, format balapan F1 tak mengalami banyak perubahan. Antara lain dua sesi latihan bebas di hari Jumat, satu sesi latihan bebas dan kualifikasi di Sabtu, sebelum balapan pada Minggu. Pengecualian hanya terjadi pada GP Monako, dengan sesi latihan bebas Jumat digeser ke Kamis.

Kini, dengan format yang baru, hanya akan ada dua sesi latihan bebas. Masingt-masing satu sesi di hari Jumat dan Sabtu. Sementara babak kualifikasi akan berlangsung di hari Jumat, setelah latihan bebas.

Lewis Hamilton vs Max Verstappen

Kualifikasi itu nantinya akan menentukan posisi start untuk balapan kualifikasi singkat pada hari Sabtu. Balapannya akan berlangsung dengan jarak 100 km dan tiga pembalap teratas dianugrahi poin.

Selain itu, hasil balapan pendek itu akan menentukan posisi start di hari Minggu. Meski belum ditentukan, ada tiga balapan F1 2021 yang akan menggunakan format baru ini.

Baca Juga: Ross Brawn: Lewis Hamilton vs Max Verstappen Akan Warnai F1 2021

Presiden FIA Jean Todt berharap format baru ini bisa menarik minat penggemar baru. Dia pun emnjamin jika format baru ini akan adil untuk semua peserta F1 2021.

“Saya senang melihat F1 mencari cara baru untuk menarik minat penggemar dengan konsep balapan pendek. Hal ini bisa terjadi berkat kolaborasi antara FIA, F1 dan semua tim F1,” kata Todt di laman resmi FIA, Senin (26/4/2021).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini