Share

Bangga, Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 43 2447415 bangga-lifter-indonesia-rahmat-erwin-abdullah-ukir-rekor-di-olimpiade-tokyo-2020-mHgu6fZs5o.JPG Rahmat Erwin Abdullah berhasing mengangkat beban 190 kg. (Foto/KOI)
A A A

TOKYO – Pencapaiaan membanggakan ditorehkan lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah dengan mengukir rekor di Olimpiade Tokyo 2020. Dia berhasil melakukan angkatan 190 kg clean dan jerk (dua tahap) di awal sesi.

Performa Rahmat Erwin Abdullah sangat luar biasa berhasil mengangkat beban dalam kondisi cedera. Rahmat, yang terpilih untuk mewakili Asia bersama dengan lifter China, Jepang, dan Korea Selatan pada Olimpiade 2020 ini, mengaku tak mengalami kesulitan untuk melakukan angkatan tersebut.

"(Mengangkat) 190 kg cukup mudah. Saya ingin mencoba 195 kg, dan mungkin bahkan 200 kg dalam upaya terakhir saya, tetapi saya mengalami cedera di paha kanan saya," kata Abdullah dilansir Reuters, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Juara Grup B, Lifter Rahmat Erwin Abdullah: Semoga Saya Sumbang Medali di Olimpiade Tokyo 2020

Foto/Reuters

Rahmat membeberkan masa persiapan sebelum tampil di Tokyo. "Karena pandemi, saya telah tinggal di kompleks pelatihan selama hampir 18 bulan. Saya makan dan tidur dan berlatih di tempat yang sama,” tutur Rahmat.

"Saya berharap upaya saya akan menghasilkan medali hari ini,” ujar Rahmat.

Rahmat tampil di Tokyo International Forum, berhasil mengalahkan empat lifter pesaingnya. Mereka adalah Jorge Cardenas (Meksiko), Mahmoud Alhumayd (Arab Saudi), Brandon Wakeling (Australia) dan Abderrahim Moun (Maroko).

Awalnya, Rahmat menampilkan performa tanpa ada hambatan sama sekali saat melakukan aksinya tersebut. Saat angkatan snatch (satu tahap), Rahmat sanggup mengangkat percobaan pertamanya di angkatan 142 kg.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu di percobaan kedua, beban yang dinaikan menjadi 147 pun, Rahmat sukses melahapnya. Terakhir di percobaan ketiga Rahmat sanggup mengangkat beban 152 kg.

Kemudian, Rahmat sukses mengangkat 180 kg di percobaan selanjutnya. Namun, ia sempat gagal mengangkat 190 kg di percobaan kedua. Untungnya di percobaan ketiga, Rahmat sanggup mengangkat berat 190 kg dengan baik.

Foto/Reuters

Tentunya kepastian Rahmat bisa menjadi peringkat tiga terbaik di nomor 73 kg putra baru akan terjawab usai Grup A tampil. Di Grup A ada sembilan lifter yang tentunya tak bisa dianggap remeh.

Para lifter dari Grup A baru akan tampil pada Rabu (28/7/2021), pukul 17.50 WIB. Seandainya total angkatan 342 kg yang diraih Rahmat masuk ke tiga besar setelah semua lifter Grup A tampil, ia bakal mendapatkan medali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini