Share

Kalahkan Wakil China di Final, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Lanjutkan Tradisi Emas Indonesia di Ajang Olimpiade

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 40 2449589 kalahkan-wakil-china-di-final-greysia-polii-apriyani-rahayu-lanjutkan-tradisi-emas-indonesia-di-ajang-olimpiade-jhQYl9FaM9.jpg Greysia Polii/Apriyani Rahayu rebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)
A A A

TOKYO – Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhasil merebut medali emas di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Hal itu terjadi usai mereka mengalahkan wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, di partai final dengan skor 21-19 dan 21-15.

Pencapaian ini membawa mereka melanjutkan tradisi emas Indonesia di ajang Olimpiade. Sebagai catatan, ini merupakan medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Olimpiade Tokyo 2020

Sebelumnya, tiga medali dengan rincian satu perak dan dua perunggu datang dari cabang olahraga (cabor) angkat besi. Keberhasilan Greysia/Apriyani kali ini membawa mereka melajutkan tradisi emas Indonesia.

BACA JUGA: Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Menangis Sesenggukan

Pada edisi sebelumnya atau tepatnya di Olimpiade Rio 2016, Indonesia meraih medali emas juga dari cabor bulu tangkis melalui pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, di partai final.

BACA JUGA: Profil Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Penyumbang Medali Emas Pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Pencapaian itu dilanjutkan Greysia/Apriyani di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Pada partai final yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Senin (2/8/2021), Greysia/Apriyani mengawali pertandingan di gim pertama dengan baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pasangan Indonesia berhasil menjaga keunggulan atas lawan mereka. Penempatan bola akurat dari Greysia Polii juga beberapa kali membuat Chen/Jia mati langkah. Greysia/Apriyani berhasil terus memimpin hingga interval gim pertama 11-9.

Chen/Jia yang tertinggal di inteval memberikan perlawanan sengit usai jeda. Situasi genting terjadi di poin-poin kritis. Chen/Jia sempat mendekat hingga poin menjadi 19-17. Meski demikian, gim pertama berhasil direbut pasangan Indonesia dengan 21-19.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Memasuki gim kedua, ganda putri China memulai dengan baik. Kehilangan gim pertama membuat Chen/Jia tampil lebih ngotot di gim kedua. Sempat tertinggal, Greysia/Apriyani yang kembali bermain menyerang perlahan mulai bangkit.

Pertahanan apik dari pasangan Indonesia membuat Chen/Jia terlihat frustrasi. Smash keras Apriyani membawa mereka memimpin di interval gim kedua dengan 11-7. Semangat pantang menyerah Greysia/Apriyani akhirnya membawa mereka menyudahi gim kedua dengan 21-15 sekaligus meraih medali emas di nomor ganda putri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini