Share

Greysia Polii/Apriyani Rahayu Peraih Emas Ke-8 untuk Indonesia di Olimpiade, Ini Daftarnya

Rio Erfandi, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 40 2449627 greysia-polii-apriyani-rahayu-peraih-emas-ke-8-untuk-indonesia-di-olimpiade-ini-daftarnya-1kc2KLbKSQ.jpg Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto/Reuters)
A A A

TOKYO Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih emas setelah menang pada laga final nomor ganda putri Olimpiade Tokyo 2020. Atas pencapaiannya tersebut, pasangan itu menjadi peraih emas kedelapan untuk Indonesia di ajang olahraga terbesar tersebut.

Pertandingan berlangsung di Mussashino Forest Plaza, Senin (2/8/2021) waktu siang WIB, . Greysia/Apriyani melawan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan (China). MEreka menang dua gim langsung dengan skor 21-19 dan 21-15.

Foto/Reuters

Ini merupakan prestasi besar, karena mereka adalah ganda putri Indonesia pertama yang sukses meraih medali emas di Olimpiade. Keduanya juga mencatatkan sejarah bagi Indonesia di ajang Olimpiade.

Baca juga: Tangis Greysia Polii/Apriyani Rahayu Pecah saat Indonesia Raya Berkumandang di Olimpiade Tokyo 2020

Torehan tersebut melengkapi lima sektor cabang yang berhasil mendapatkan medali emas Olimpiade dan menjadi peraih emas kedelapan baik di cabor bulu tangkis maupun untuk Indonesia.

Baca juga: Hebat! Greysia Polii Jadi Pebulu Tangkis Tertua yang Raih Medali Emas di Olimpiade

Pada gelaran Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti berhasil menyumbang emas pada cabor bulu tangkis tunggal Putri. Itu adalah torehan pertama yang didapatkan oleh Indonesia.

Alan Budi Kusuma, juga melengkapi medali emas pada sektor tunggal putra bagi Indonesia. Di laga final Alan bertemu juga dengan sesama wakil Indonesia Ardy B Wirananta di Olimpiade Barcelona 1992.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian emas kembali didapatkan dari beberapa pemain yang mewakili Indonesia di sektor ganda Putra di ajang empat tahunan tersebut. Dimulai dari Olimpiade Atalanta 1996, oleh pasangan Rexy Mainaky/Ricky Subagja. Lalu pada Olimpiade Sydney 2000 didapatkan oleh pasangan Tony Gunawan/Candra Wijaya. Pada Olimpiade Beijing 2008, emas disumbang oleh pasangan Hendra Setiawa/Markis Kido.

Tidak ketinggalan juga pada sektor tunggal putra, Indonesia diwakili Oleh Taufik Hidayat pada Olimpiade Athena 2004. Taufik berhasil menyabet emas Olimpiade usai mengalahkan pemain asal Korea Selatan Seung Mo Shon.

Foto/Reuters

Lalu disusul pada gelaran Olimpiade Rio 2016, Indonesia berhasil mendapatkan medali emas di sektor ganda campuran. Lilyanan Natsir/Tantowi Ahmad. Pasangan itu dengan mudah berhasil mengalahkan ganda campuran asal Malaysia Chang Pheng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 21-14 dan 21-12.

Seperti diketahui nama terakhir yang berhasil mendapatkan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu pada sektor ganda putri. Dengan hasil ini, Gresysia/Apriyani melengkapi semua sektor cabang bulu tangkis yang berhasil mendapatkan emas di ajang Olimpiade.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini