Share

Jadi Sorotan, Aksi Ciamik Greysia Polii Ganti Raket di Tengah Laga Final Olimpiade Tokyo 2020

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 40 2449680 jadi-sorotan-aksi-ciamik-greysia-polii-ganti-raket-di-tengah-laga-final-olimpiade-tokyo-2020-ZdlhGgnguF.jpg Greysia Polii saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)
A A A

TOKYO – Sejumlah kejadian menarik turut tersaji di laga final ganda putri bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 yang mempertemukan wakil Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dengan Chen Qingchen/Jia Yifan (China). Salah satunya adalah aksi Greysia Polii yang secara fantastis bisa mengganti raket di pertengahan laga.

Laga yang mempertemukan Greysia/Apriyani dengan Chen/Jia di Mushasino Forest Plaza, Senin (2/8/2021) siang WIB memang berlangsung sangat sengit. Indonesia mengawali laga dengan kemenangan di game pertama. Greysia/Apriyani yang hampir tak terkejar mengakhiri game dengan unggul 21-19.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Keunggulan di game pertama membawa Greysia/Apriyani semakin percaya diri di game kedua. Walaupun sempat tertinggal di poin-poin awal, mereka mampu bangkit sampai membalikkan kedudukan hingga 11-7.

BACA JUGA: Greysia Polii/Apriyani Rahayu Sumbang Emas di Olimpiade Tokyo 2020, Tontowi Ahmad: Welcome To The Club

Kepercayaan diri itu terus melecut hingga mampu unggul delapan angka 18-10. Tak disangka, di momen ini juga, terdapat kejadian tak disangka-sangka.

BACA JUGA: Raih Emas Olimpiade di Usia 33 Tahun, Greysia Polii: Jangan Berhenti dan Menyerah

Ya, ketika shuttlecock masih bergulir, Greysia Polii dengan cekatan berlari ke pinggir lapangan untuk mengambil raket pengganti. Beruntung, Apriyani yang tinggal sendiri di lapangan masih dalam posisi menyerang dan mampu meladeni serangan pasangan China.

Berselang kurang dari tiga detik kemudian, Greysia mampu kembali ke posisi terbaiknya untuk membantu Apriyani. Sampai akhirnya, mereka pun mampu merebut poin di momen tersebut menjadi 19-10.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kejadian yang dilakukan Greysia ini sontak mengejutkan penonton termasuk komentator pertandingan ini. Sampai akhirnya, mereka mampu menjaga keunggulan hingga detik-detik akhir dengan kemenangan 21-15.

Greysia/Apriyani pun berhasil mencatatkan namanya sebagai peraih medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka juga mencatatkan namanya sebagai peraih medali emas pertama sepanjang sejarah di sektor ganda putri Indonesia pada ajang Olimpiade.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Aksi ganti raket ini menjadi ramai diperbincangkan di media sosial beberapa saat setelahnya. Netizen Indonesia pun memberi pujian atas keberanian Greysia melakukan aksi tersebut yang akhirnya membuat poin bertambah.

Tak sampai di sana, netizen juga seakan-akan diingatkan kejadian serupa yang pernah dilakukan pemain lain di Indonesia, seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di Asian Games 2018. Saat itu, mereka juga berhasil menang atas pasangan lain Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini