Share

Mengenal Istilah-Istilah Lompat Jauh

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 43 2451563 mengenal-istilah-istilah-lompat-jauh-QLVBJPowdd.jpg Istilah-istilan lompat jauh (Foto: Reuters)
A A A

ISTILAH-ISTILAH lompat jauh dapat Anda ketahui di dalam artikel ini. Sebagaimana diketahui, Olimpiade Tokyo 2020 telah memanjakan mata para penikmat olahraga dari seluruh dunia.

Ribuan atlet seantero bumi bertanding di berbagai cabang olahraga (cabor). Lompat jauh menjadi salah satu nomor dalam olahraga atletik yang dipertandingkan di pesta olahraga empat tahunan itu.

Lompat jauh adalah olahraga yang dilakukan dengan berlari, lalu melompat sejauh mungkin ke dalam bak pasir atau kotak pasir yang disediakan. Atlet mengombinasikan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk melemparkan dirinya dari papan tolakan. Peserta yang berhasil melompat paling jauh akan menjadi pemenang dalam perlombaan olahraga itu.

Untuk bisa menikmati dan memahami olahraga lompat jauh, mari kita lihat istilah-istilah asing di dalamnya.

6. Tuck Style

Istilah-istilah lompat jauh tuck style

(Ilustrasi tuck style. Foto: Istimewa)

Istilah tuck style, yaitu lompat jauh gaya jongkok. Gaya ini sering dilakukan ketika tubuh melayang di udara sehingga anda dapat mencapai kecepatan maksimum ketika anda ingin melompat.

Biasanya kaki terkuat digunakan untuk penolakan. Jika mulai melayang, tekuk lutut anda ke atas. Saat mendarat, mulailah pijakan kaki dengan sedikit ditekuk.

5. Hanging/Schenepper in The Air

Istilah-istilah lompat jauh hanging

(Ilustrasi lompat jauh gaya hanging/schenepper in the air. Foto: Istimewa)

Istilah kedua yaitu hanging/Schenepper in the air. Ini merupakan lompat jauh gaya menggantung. Gaya lompat jauh ini tidak mengubah kecepatan ketika kaki bersandar pada papan tolakan dan prosedur dilakukan melalui tubuh yang stabil. Gerakan kaki diayunkan ke depan dan ke belakang dengan kedua tangan. Saat mendarat, kedua kaki harus direntangkan ke depan dan kedua tumit mendarat terlebih dahulu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Walking/Running in The Air

Istilah-istilah lompat jauh walking

(Ilustrasi lompat jauh gaya berjalan di udara. Foto: Istimewa)

Selanjutnya walking / running in the air yaitu lompat jauh gaya berjalan di udara. Gaya berjalan di udara atau berjalan di udara adalah salah satu gaya paling populer untuk jumper panjang profesional karena gaya ini sangat efektif dalam mencapai lompatan terpanjang dibandingkan gaya lainnya.

Teknik lompat jauh ini berjalan di udara dari titik di mana kaki telah melebur menjadi tolakan atau lompatan. Saat tubuh melayang di udara, lakukan gerakan seperti menendang kaki atau berjalan.

3. Approach Run

Istilah-istilah lompat jauh approach run

(Malaika Mihambo peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Foto: Reuters)

Berikutnya terdapat istilah approach run atau biasa disebut teknik awalan. Teknik awalan dapat dilakukan dengan berlari pada kecepatan maksimum sebelum melompat ke tepi. Pertahankan kecepatan anda, jaga pandangan tetap lurus dan jangan mengubah langkah anda.

2. Take Off

Istilah-istilah lompat jauh take off

(Malaika Mihambo melakukan lompat jauh. Foto: Reuters)

Selanjutnya tapi bukan yang terakhir adalah take off. Ini merupakan teknik tolakan atau teknik menumpu dan fokus. Teknik ini adalah teknik yang sangat penting dalam olahraga lompat jauh. Ketika mengayunkan lengan, ini akan membantu menambah tinggi badan dan menjaga keseimbangan tubuh. Semakin bisa fokus, maka akan menghasilkan lompatan yang baik.

1. Landing

Istilah-istilah lompat jauh landing

(Pendaratan Malaika Mihambo. Foto: Reuters)

Yang terakhir adalah landing. Ini merupakan teknik mendarat. Teknik ini merupakan teknik terakhir dalam lompat jauh dimana pelompat mendarat dengan kedua kaki menyentuh tanah di saat yang sama. Biasanya, lutut sedikit ditekuk sebelum mendarat sehingga posisi tubuh tidak jatuh kembali. Pendaratan ini harus dilakukan dengan benar sehingga hasil lompatan memuaskan.

Itulah istilah-istilah asing dalam olahraga lompat jauh yang akan menambah pengetahuan penonton agar bisa memahami dan menikmati olahraga yang pertama kali dipertandingkan di Olimpiade pada 1896.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini