Share

PON XX Papua, Ketum KONI Jadikan Olimpiade Tokyo 2020 sebagai Rujukan Penyelenggaraan

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 43 2471675 pon-xx-papua-ketum-koni-jadikan-olimpiade-tokyo-2020-sebagai-rujukan-penyelenggaraan-SqZV1qncyF.jpg Salah satu venue di PON XX Papua. (Foto: Twitter/@ponxx2020papua)
A A A

JAKARTA – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) Pusat, Letnan Jenderal TNI, Marciano Norman, membicarakan soal penyelenggaraan PON XX Papua yang akan digelar pada 2 hingga 15 Oktober 2021. Marciano Norman mengatakan bahwa penyelenggaraan PON XX Papua akan merujuk kepada Olimpiade Tokyo 2020.

Sebagaimana diketahui, Olimpiade Tokyo dan PON XX harus dilaksanakan di masa pandemi yang membantu penyelenggaraan menjadi lebih sulit. Namun, keberhasilan Olimpiade Tokyo 2020 yang dianggap sukses, menjadi modal bagi para penyelenggara PON di Papua tahun ini.

Venue di PON XX Papua

“Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi rujukan bagi penyelenggaraan PON XX di Papua. Keberhasilan Olimpiade sangat penting untuk diperhatikan, karena PON juga harus dilaksanakan pada masa pandemi di Papua,” ujar Marciano Norman kepada awak media secara virtual, Rabu (15/9/2021).

BACA JUGA: PON XX Papua 2021, Menpora: Persiapan Fisik Sudah Siap

Penyelenggaraan PON juga dipastikan akan menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Seluruh atlet yang akan bertanding wajib sudah mendapatkan vaksin dan tetap mengikuti seluruh ketentuan yang ada.

BACA JUGA: Main Bulu Tangkis Bareng Presiden Jokowi, Ini Respons Apriyani Rahayu

“Para peserta harus divaksin. Selain itu mereka juga harus dikarantina sebelum keberangkatan dan melakukan tes PCR di waktu yang sudah ditentukan,” tambah Marciano.

Sama seperti Olimpiade Tokyo, PON di Papua juga akan menggunakan sistem bubble. Hal tersebut sangat penting bagi keberlangsungan turnamen agar penularan Covid-19 bisa diminimalisasi dan menjamin keamanan di Papua.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Sistem bubble juga akan diterapkan pada PON XX di Papua. Para atlet akan langsung ke wisma atlet ketika sampai di airport, lalu langsung ke venue, dan kembali ke wisma atlet,” imbuhnya.

Penyelenggaraan PON kali ini dianggap sangat penting, pasalnya para atlet sudah sangat antusias untuk berkompetisi di turnamen tersebut. Selain itu, masyarakat Papua sudah antusias untuk menjadi tuan rumah PON XX.

Logo PON XX Papua

“Para atlet sudah sangat antusias untuk berkompetisi di PON, masyarakat Papua juga sudah sangat antusias untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Indonesia,” lanjutnya.

Dalam keterangan terpisah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, juuga sebelumnya memastikan bahwa persiapan fisik, baik arena pertandingan, fasilitas penginapan maupun transportasi untuk pelaksanaan PON XX Papua sudah selesai dan siap. Ajang olahraga terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 2-15 Oktober itu.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini