Share

Menpora: Upacara Pembukaan PON XX Papua 2021 Meriah tapi Tak Glamor

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 43 2476758 menpora-upacara-pembukaan-pon-xx-papua-2021-meriah-tapi-tak-glamor-EBzs4bxZkh.jpg Acara pembukaan PON XX Papua 2021 akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura. (Foto/PON XX Papua 2021)
A A A

JAYAPURA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengungkapkan rencana upacara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Ia mengatakan acara itu tetap berlangsung meriah tapi tidak glamor.

Upacara pembukaan ajang olahraga terbesar di Indonesia ini akan dihelat pada 2 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Amali menekankan akan diterapkan protokol kesehatan yang ketat.

Foto/Kemenpora

Pihak penyelenggara akan menerapkan prosedur tetap (protap) dan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketata dan disiplin mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca juga: PON XX Papua 2021 Akan Dibuka Presiden Jokowi

Menpora Amali mengaku konsep awal pembukaan PON XX ini dilakukan seperti saat pembukaan Asian Games 2018 lalu. Namun, rencana sulit terlaksana karena adanya pembatasan orang di tengah pandemi.

Baca juga: Profil Pembawa Obor PON XX Papua 2021, Erni Sokoy Si Pengoleksi Medali Emas SEA Games

Namun demikian, Menpora Amali memastikan upacara pembukaan PON tetap berjalan hikmat. Ia juga menjanjikan kemeriahan acara itu tetap terjaga.

“Tanpa mengurangi kehikmatan. Upacara pembukaan PON XX tetap meriah tapi tak glamor karena situasi pandemi dan semua protokol tata tertib yang biasa dilakukan dalam setiap pembukaan itu tetap ada," ucap Amali dikutip laman resmi Kemenpora, Sabtu (25/9/2021).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Upacara pembukaan PON nantinya akan dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini persiapan terus dilakukan oleh Panitia Besar PON dan berkoordinasi dengan KONI, Kemenpora dan unsur-unsur terkait.

Tak hanya itu, Amali juga menjelaskan upacara pembukaan nanti akan menjalankan prosedur dan ketetapan seperti multievent olahraga lainnya, mulai dari pembacaan janji atlet hingga defile seluruh kontingen. Selain itu ia juga menyebutkan tentang kehadiran penonton.

Foto/Sekretariat Presiden

“Penonton PON hanya boleh dihadiri maksimal 25 persen, sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lainnya. Dan untuk masyarakat yang ingin menonton diwajibkan sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19,” ungkapnya. 

Sekadar informasi, PON XX Papua 2021 akan diadakan di empat klaster, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Ajang ini akan digelar 2 – 15 Oktober 2021.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini