Share

Awal Mula Perjalanan Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Tino Satrio, Jurnalis · Sabtu 16 Oktober 2021 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 37 2487306 awal-mula-perjalanan-jakarta-jadi-tuan-rumah-formula-e-2022-IQ1HntWmF3.jpg Balapan Formula E. (Foto: Twitter/FIAFormulaE)
A A A

JAKARTA - Jakarta akhirnya resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Formula E, Juni 2022 mendatang. Dengan begitu, harapan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 2019 silam akhirnya terwujud.

Indonesia, tepatnya Jakarta telah resmi masuk ke dalam kalender Formula E 2022. Lantas bagaimana permulaan Jakarta bisa menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik tersebut?

Semunya bermula pada 2019, di mana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pernah menyebut bahwa Ibu Kota akan menjadi tuan rumah gelaran Formula E pada tahun 2020 lalu. Namun, beberapa kendala harus dihadapi dan baru bisa diresmikan pada tahun mendatang.

Baca Juga: Jadwal Formula E 2022 Dirilis, Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Listrik 

Jadwal Formula E 2022

Kendala tersebut mulai dari lokasi balapan, ditunda lantaran pandemi Covid-19, ditentang DPRD DKI Jakarta, dan sempat tidak masuk kalender sementara Formula E 2022. Kemudian, hingga diresmikan menjadi tuan rumah, Jakarta belum menentukan venue yang akan digunakan.

Protes tersebut datang lantaran dituding dapat mengeluarkan banyak biaya, apalagi menggunanakan APBD. Mengingat, ekonomi Indonesia sedang tidak baik-baik saja karena pandemi Covid-19.

Atas protes itu, Anies sempat diminta untuk membatalkannya. Pasalnya, kondisi ekonomi Indonesia belum stabil dan harus mementingkan kepentingan masyarakat terlebih dahulu.

Dan pada akhirnya, Anies mengurungkan niat tersebut karena pandemi Covid-19 harus mengurangi kerumunan. Semua izin keramaian langsun dibatalkan, termasuk untuk menjadi tuan rumah Formula E 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian pada venue Formula E, Monas sebelumnya ditunjuk sebagai venue lintasan. Namun dibatalkan setelah banyak faktor yang harus dipenuhi soal teknis, hingga kepentingan keselematan.

Kini, penyelenggara masih menunggu keputusan lokasi sirkuit ajang mobil listrik tersebut. Tentutnya, dengan sejumlah faktor pertimbangan mulai dari legalitas hingga faktor teknis.

Mobil Formula E

Mengingat, ajang bergengsi ini berlabel internasional dan harus memberikan nilai tambah bagi Ibu Kota. Sebagai patokan, Jakarta pastinya akan menunjuk tempat-tempat yang akan menambah ikon Jakarta di mata dunia.

Tentunya Jakarta patut berbangga karena akan menggelar balapan mobil masa depan tersebut. Menarik tentunya menantikan bagaimana persiapan Jakarta dalam menyambut ajang balapan Formula E 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini