Share

Mengenal Apa Itu Smash Power dalam Bulu Tangkis

Insan Kamil Rizqilillah, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2023 04:19 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 09 40 2761627 mengenal-apa-itu-smash-power-dalam-bulu-tangkis-FwHwZg6G33.jpg Mengenal apa itu smash power dalam bulu tangkis (Foto: PBSI)
A A A

MENGENAL apa itu smash power dalam bulu tangkis. Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia.

Bahkan, kepopulerannya membuat bulu tangkis diminati banyak kalangan. Tak heran jika banyak pebulu tangkis Indonesia yang sering menorehkan prestasi di ajang internasional.

Permainan Bulu Tangkis

Mengenai bulu tangkis ada istilah smash atau yang sering dikenal dengan pukulan keras. Pukulan itu juga diterapkan oleh para atlet untuk meraih poin. Smash ini dilakukan dengan memukul shuttlecock sambil melompat menggunakan kekuatan lebih, agar shuttlecock meluncur tajam ke arah lawan.

Selain ampuh dalam meraih poin, teknik smash juga sangat ampuh dalam membuat lawan tidak berkutik sama sekali. Gerakan smash memiliki karakteristik yang keras, cepat, tajam, dan mematikan.

Pukulan smash sendiri dapat dilakukan saat posisi shuttlecock tepat berada di atas kepala pemain. Adapun beberapa jenis pukulan smash dalam permainan bulu tangkis, apa saja?

Berikut jenis smash dalam bulu tangkis:

The Head Smash

The Head Smash merupakan pukulan denagn posisi tertentu. Untuk melakukan ini seorang pebulu tangkis melakukan pukulan keras ke posisi backhand atau pengembalian servis ke arah bagian kiri pertahanan lawan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Backhand Smash

Pada umumnya backhand smash dilakukan untuk memukul shuttlecock yang berada di atas kepala. Backhand smash dilakuakn dengan cara berlawanan dengan tangan yang memegang raket.

Taufik Hidayat

Smash Potong

Jenis teknik smash yang satu ini memiliki pukulan yang tidak terlalu kencang. Kendati demikian, jenis smash ini membuat shuttlecock lebih tajam dan terarah. Pada umumnya pukulan smash potong ini dilakukan secara menyilang.

Smash Penuh

Smash penuh merupakan jenis pukulan yang dilakukan dengan menggunakan raket seluruhnya. Smash ini harus dilakukan dengan tenaga maksimal. Namun, jenis smash penuh memiliki kelemahan karena biasanya kok menjadi sulit diarahkan.

Setiap pemain bulu tangkis tentu harus dapat memahami dan melatih teknik ini secara bertahap agar dapat menguasai tekniknya dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini