Share

Penyebab Choi Sol-gyu Dipaksa Keluar dari Pelatnas Bulu Tangkis Korea Selatan, Berawal dari Minum Alkohol

Maulana Yusuf, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2023 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 12 07 40 2934293 penyebab-choi-sol-gyu-dipaksa-keluar-dari-pelatnas-bulu-tangkis-korea-selatan-berawal-dari-minum-alkohol-j6XaR2yz9Y.jpg Pebulutangkis ganda putra Korea Selatan, Choi Sol-gyu. (Foto: Instagram/solkyuchoi)
A A A

PENYEBAB Choi Sol-gyu dipaksa keluar dari Pelatnas Bulu Tangkis Korea Selatan akan diulas Okezone. Apa yang dialami partner dari Kim Won-ho di sektor ganda putra Korea Selatan tersebut ternyata berawal dari kesalahan dirinya yang meminum alkohol.

Choi Sol-gyu sendiri merupakan atlet bulu tangkis spesialis ganda (putra dan campuran) Korea Selatan. Pemain yang diduetkan dengan Kim Won-ho di ganda putra itu berhasil meraih medali perak di Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Namun, Choi Sol-gyu harus melakukan tindakan indisipliner yakni meminum alkohol saat Korea Open 2023. Setelah itu, dia mangkir dari latihan dan dikabarkan membawa pacarnya ke penginapan Pelatnas Bulu Tangkis Korea Selatan.

Choi Sol-gyu pun meminta maaf dan mengakuinya. Dia mengaku terpaksa meminum alkohol karena Kim Won-ho mengalami cedera yang membuatnya tak bisa berkompetisi membela negaranya sendiri.

"Apapun itu, saya mengakui kesalahan saya karena mangkir dari latihan," kata Choi Sol-gyu, mengutip dari Chosun.

Choi Sol-gyu

Federasi Bulu Tangkis Korea Selatan melalui Komite Peningkatan Kinerja sempat berniat mencoret Choi Sol-gyu. Namun, mereka masih memberinya keringanan hingga Asian Games 2022 dengan menunda sanksi indisipliner tersebut.

Setelah Choi Sol-gyu dan Kim Won-ho mendapatkan perak Asian Games 2022, pihak federasi meninjau ulang hukuman dua tahun pada sang pemain. Sebelum itu, Choi Sol-gyu justru mengumumkan niatnya untuk pensiun dari Pelatnas Bulu Tangkis Korea Selatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Enggan ditinggal sang pemain, pihak federasi mengurungkan hukuman terhadap Choi Sol-gyu sehingga membuat atlet 28 tahun itu terbebas dari skorsing. Meskipun, Choi Sol-gyu belum mengajukan permohonan resmi untuk pensiun pada federasi.

Sementara itu, pihak federasi justru mendapatkan tekanan dari keluarga Choi Sol-gyu yang menyebut anaknya sengaja dikucilkan. Bahkan, pihak federasi dianggap mendesak sang pemain untuk pensiun.

Menurut salah satu pejabat Federasi Bulu Tangkis Korea Selatan, Choi Sol-gyu disarankan untuk mengundurkan diri daripada dipaksa pensiun gara-gara tindakan indisipliner. "Daripada dikeluarkan karena tindakan indisipliner, kami mempertimbangkan agar dia bisa mengakhiri karirnya dengan baik dengan pensiun, dan dia menyetujuinya," kata salah seorang pejabat federasi tersebut.

Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae

"Saya tidak tahu kenapa keluarganya mengklaim seperti itu. Ini mungkin situasi yang tidak memuaskan bagi keluarga, tapi Choi Sol-gyu melakukan pelanggaran lain, dia tidak hanya mangkir dari pelatinas," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini