Share

Kisah Chen Long, Mantan Pebulutangkis China yang Ogah Jadi Pelatih Bulutangkis

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 16 April 2024 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 16 40 2996592 kisah-chen-long-mantan-pebulutangkis-china-yang-ogah-jadi-pelatih-bulutangkis-ag6yBYqFWv.jpg Chen Long kala berlaga. (Foto: PBSI)
A A A

KISAH Chen Long, mantan pebulutangkis China yang ogah jadi pelatih bulutangkis menarik diulas. Dia menyatakan belum berniat banting setir menjadi pelatih usai resmi mengumumkan gantung raket alias pensiun.

Ya, Chen Long sudah resmi pensiun sebagai pesepakbola profesional sejak Mei 2023. Keputusan itu diambil kala usia salah satu tunggal putra terbaik China itu menginjak 34 tahun.

Chen Long

Chen Long mengumumkan keputusannya untuk pensiun di tengah perhelatan ajang Sudirman Cup 2023. Kala itu, turnamen Sudirman Cup 2023 sendiri diadakan di Suzhou, China.

Langkah Chen Long pensiun tentu saja membuat para pencinta bulutangkis merasa kehilangan. Sebab, dia jadi salah satu pemain yang penampilannya selalu dinantikan karena punya bakat ciamik.

Berkat bakatnya yang gemilang, Chen Long bahkan pernah menduduki peringat 1 dunia pada 2014. Selama kariernya, ada banyak sekali gelar juara bergengsi yang berhasil diraihnya.

Di antaranya, ada medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Lalu, gelar juara dunia 2014 dan 2015, All England, China Open, Malaysia Open, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan bakat gemilang itu, Chen Long diharapkan bisa beralih menjadi pelatih usai pensiun. Sebab, tangan dinginnya diyakini bisa membantu melahirkan banyak pebulutangkis top dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tetapi, Chen Long memilih untuk tak banting setir menjadi pelatih. Dia mengaku belum tergiur menjadi pelatih karena masih ingin menghabiskan banyak waktu bersama keluarganya.

"Saya berharap mungkin suatu saat bisa jadi pelatih, tetapi untuk saat ini belum mau. Status saya di pelatnas China sebagai tim ahli sudah menyenangkan," ujar Chen Long dalam wawancara bersama media China, CCTV, dikutip Selasa (16/4/2024).

Chen Long

"Pertama-tama, semua itu karena alasan keluarga. Anak saya masih kecil dan saya ingin bersama keluarga saya," lanjutnya.

"Selama bertahun-tahun, saya telah bermain dan berlatih di luar dan sekarang akhirnya saya dapat kembali berkumpul bersama keluarga saya," jelas Chen Long.

"Saya masih ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga saya dan diri saya sendiri,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini