Share

Sukses Juarai All England dan Badminton Asia Championships 2024, Jonatan Christie Akui Kaget

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 18 April 2024 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 17 40 2997155 sukses-juarai-all-england-dan-badminton-asia-championships-2024-jonatan-christie-akui-kaget-qQ7RiERnVm.jpg Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Andhika Khoirul/MPI)
A A A

JAKARTA – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie tak pernah berpikir bisa menjuarai All England dan Badminton Asia Championships 2024 secara sekaligus. Ia mengaku awalnya tak memiliki motivasi untuk memenangkan dua turnamen itu, namun berkat usaha dan kerja keras nyatanya hal yang tersebut bisa dimenangkan oleh Jonatan.

Ya, Jonatan tengah menikmati momen-momen terbaik dalam kariernya. Pada 17 Maret lalu, pemain berusia 26 tahun itu berhasil meraih gelar juara All England 2024, yang merupakan titel perdananya di turnamen bulutangkis tertua di dunia itu.

Empat pekan kemudian, pada Minggu, 14 April 2024 lalu di Ningbo, China, Jojo -sapaan Jonatan- kembali naik podium pertama. Dia menjadi juara BAC 2024 yang menobatkan dirinya sebagai Juara Asia untuk kali pertama dalam kariernya.

Hasil itu didapat setelah Jonatan mengalahkan wakil tuan rumah, Li Shi Feng, di partai final dengan skor 21-15 dan 21-16. Sebelumnya, dia juga menyingkirkan para pemain unggulan lainnya seperti Lee Zii Jia (Malaysia) di perempat final dan Shi Yu Qi (China) di semifinal.

Prestasi tersebut tentunya sangat cemerlang bagi pemain Pelatnas PBSI itu. Sebab, dia menjuarai dua turnamen besar sekaligus secara berturut-turut.

Jonatan Christie

Namun ternyata, Jonatan sama sekali tak memiliki motivasi apa pun untuk juara berturut-turut. Dia hanya ingin mencari poin sebanyak-banyaknya untuk menaikkan peringkat dunianya setelah memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024. Oleh kaerna itu, dia tak menyangka mampu naik podium pertama di All England dan BAC 2024 secara beruntun.

“Ya pertama puji tuhan, tapi memang enggak terpikirkan untuk bisa jadi juara BAC juga setelah All England. Enggak ada motivasi apa-apa,” kata Jonatan kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, dikutip Kamis (18/4/2024).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Tujuan ke BAC sebenarnya cari poin sebanyak mungkin karena BAC setara dengan Super 1000 jadi lumayan tambah banyak poinnya jika bisa sampai melaju babak jauh, tujuan pertama itu,” tambahnya.

Target Jonatan sendiri dapat terwujud. Pemain kelahiran Jakarta itu berhasil naik dua tempat ke peringkat tiga dunia pada pekan ini setelah menjuarai BAC 2024. Alhasil, kini dia menjadi tunggal putra pertama Indonesia setelah koleganya, Anthony Sinisuka Ginting merosot ke urutan tujuh.

Jonatan kini telah meraih beberapa gelar dalam turnamen besar dalam kariernya, seperti di Asian Games 2018, All England 2024 dan BAC 2024. Padahal, bisa dibilang dia tampil kurang konsisten di ajang-ajang level bawah dan bahkan kerap tersingkir di babak awal.

Lantas, apakah tampil di turnamen besar membuat motivasi Jojo untuk menjadi juara bertambah? Ternyata, dia menampik itu. Pemain jebolan PB Tangkas itu mengaku tak membeda-bedakan setiap turnamen yang diikutinya, tetapi karena ini merupakan tahun Olimpiade, dia menjadikan turnamen-turnamen besar yang ada sebagai batu loncatannya untuk berprestasi di Paris 2024.

Jonatan Christie

“Sebenarnya enggak ada (motivasi khusus juara di turnamen besar), kita memperlakukan kejuaraan sama. Bang Aboy (Irwansyah, Pelatih Tunggal Putra) bilang semua kejuaraan sama pentingnya,” jelas juara Hong Kong Open 2023 itu.

“Tapi ini tahun Olimpiade, jadi fokus terbesar ya Olimpiade. Jadi ini jadi batu loncatan, simulasi untuk Olimpiade-nya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini