Share

Breaking News: Kento Momota Umumkan Pensiun dari Turnamen Internasional Usai Piala Thomas 2024

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 18 April 2024 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2024 04 18 40 2997427 breaking-news-kento-momota-umumkan-pensiun-dari-turnamen-internasional-usai-piala-thomas-2024-Fr9jX6QUdR.jpg Kento Momota memutuskan pensiun mengikuti turnamen internasional usai Piala Thomas 2024 (Foto: Instagram/@momota_kento)
A A A

TOKYO - Kento Momota mengatakan bakal pensiun dari dunia bulu tangkis internasional usai Piala Thomas 2024. Ia akan fokus berkarier di kejuaraan-kejuaraan nasional Jepang.

Momota mengatakan akan mewakili Tim Bulu Tangkis Jepang untuk kali terakhir dalam kariernya di ajang Piala Thomas 2024. Kejuaraan bulu tangkis beregu putra paling bergengsi di dunia itu akan berlangsung di Chengdu, China, pada 27 April hingga 5 Mei.

Kento Momota

Pemain berusia 29 tahun itu sadar sudah tak mampu lagi kembali ke performa terbaiknya setelah terpuruk dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu disebabkan cedera yang menimpanya dalam kecelakaan fatal di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Januari 2020.

“Saya menyadari tidak bisa lagi kembali ke titik di mana saya bertujuan untuk menjadi nomor satu dunia lagi,” kata Momota dilansir dari Kyodo News, Kamis (18/4/2024).

"Saya mempunyai karier yang sangat memuaskan saat bermain untuk tim nasional. Sekarang saya ingin terlibat dalam membantu semua orang menemukan kesenangan dalam olahraga,” tambah pemain bertangan kidal itu.

Sebagai informasi, Momota merupakan pemain Jepang pertama yang berhasil menjadi juara dunia bulu tangkis pada 2018. Bahkan, ia meraihnya secara berturut-turut pada tahun berikutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemain kelahiran Prefektur Kagawa itu memang sangat dominan di puncak kariernya. Ia berhasil meraih rekor 11 gelar juara turnamen BWF World Tour pada musim 2019.

Sayangnya, setelah tahun emasnya itu, Momota mengalami kecelakaan parah di Malaysia pada Januari 2020, yang merenggut nyawa supir van yang dinaikinya. Bahkan, mantan pemain nomor satu dunia itu nyaris menjadi korban jiwa.

Kento Momota

Setelah kejadian itu, Momota comeback pada Desember 2020, tetapi segalanya tak pernah lagi sama. Ia tak mampu mencapai performa terbaiknya lagi dan bahkan untuk bisa bersaing di level atas. Sang pemain hanya bisa meraih dua titel BWF World Tour saja setelahnya.

Kendati pensiun dari Tim Bulu Tangkis Jepang, Momota berencana masih akan terus melanjutkan kariernya. Namun, ia hanya akan berkompetisi di dalam negeri saja dalam Kejuaraan Nasional dan Liga Profesional Jepang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini